3 Quote Inspiratif dari Film Athirah

Di pengujung September lalu, Miles Production merilis sebuah film berjudul Athirah yang diangkat dari novel berjudul sama karya Alberthiene Endah. Film ini menceritakan tentang kisah hidup Athirah, ibunda dari Wakil Presiden RI, Bapak Jusuf Kalla.

athirah

Gambar diambil dari movie.co.id

Seorang wanita Bugis Makassar yang berusaha mempertahankan keutuhan keluarganya ketika sang suami memilih untuk berpoligami. Film yang seluruh proses syutingnya dilakukan di Sulawesi Selatan ini terbilang sangat minim dialog. Meski demikian, tetap banyak kutipan menarik yang dapat menginspirasi kamu. Misalnya saja beberapa kutipan di bawah ini:

  1. Athirah keharuman perempuan.

Kalimat ini diucapkan oleh Mak Kerah, ibunda Athirah, ketika bercerita kepada cucu-cucunya tentang perjuangannya saat mengandung Athirah. Hujan turun ketika dia dilahirkan, menandai berakhirnya kemarau panjang waktu itu. Tanah merekah dan menyebarkan keharuman. Oleh karena itu, Mak Kerah menamai anaknya Athirah, yang juga berarti “keharuman.”

  1. Simpan terus apa yang kau anggap penting untuk hidupmu.

Kata-kata ini juga diucapkan oleh Mak Kerah sambil menunjukkan kain sarung tenun yang merupakan maskawin dari ayah Athirah dulu. Mak Kerah juga memberikan perhiasan miliknya kepada putrinya ini sebagai modal untuk usahanya berdagang kain sarung tenun. Mak Kerah berpesan kepadanya, agar selalu tetap menyimpan hal yang dianggap penting dalam hidup, meskipun hal tersebut merupakan kenangan yang menyakitkan.

  1. Biasanya begini kalau kita berusaha. Selalu ada jalan keluarnya.

Usaha Athirah berdagang sarung tenun berjalan lancar. Sedikit demi sedikit, dia berhasil mengumpulkan tabungan untuk masa depan anak-anaknya. Dia mengajarkan kepada semua anak-anaknya tentang arti bekerja keras. Selalu ada jalan keluar terbaik untuk mereka yang mau berusaha dan bekerja keras.

Perjuangan hidup perempuan tangguh ini memang patut diteladani. Dia dapat bangkit dari keterpurukan hidup dan menemukan kemenanganya sendiri. Anak-anaknyalah yang membuatnya tetap semangat untuk menjalani kehidupan di tengah kepedihan dimadu sang suami tercinta. Nah, semoga tiga kutipan di atas dapat menjadi inspirasi kamu dalam menghadapi setiap kesulitan hidup.

Kamu juga bisa menjadikan kutipan di atas sebagai desain kaosmu sendiri. Cek di sini untuk mencari tahu bagaimana caranya membuat kaos dengan bahan yang berkualitas dan harga yang terjangkau.

athirah redup

Gimana pendapat kamu?