5 Tips Hilangkan Kantuk Saat Puasa

Hilangkan kantuk merupakan PR kebanyakan kaum pekerja seperti aku dan kamu di bulan puasa. Nggak Terasa nih, Ramadan sudah berjalan hampir dua minggu. Selama waktu itu, pernah nggak kamu ketiduran saat bekerja?

Hayoo ngaku. Pasti pernah kan.

Mengantuk saat menjalankan ibadah puasa merupakan hal yang wajar, Citeeszen. Karena setiap hari kamu harus bangun di tengah malam untuk makan sahur sedangkan aktivitas sehari-hari harus tetap sama. Makanya wajar kalau kamu pernah sekali atau dua kali ketiduran di kantor. Tapi, kalau kejadiannya hampir setiap hari, berarti ada yang perlu dirubah dari cara kamu menjalankan aktivitas nih. Soalnya kalau dibiarkan mengantuk sampai ketiduran, pasti akan mengganggu produktifitas kerja kamu.­­­­ Nggak mau kan THR kamu berubah menjadi surat teguran?

Agar kamu nggak sampai dapat SP karena tidur melulu, aku udah membuat 5 tips hilangkan kantuk saat puasa berikut ini :

1. Kabohidrat Kompleks

image   image (3)

Tahu nggak kalau ngantuk itu akibat kurangnya kadar gula darah ke otak lho. Makanya kamu perlu makan kabohidrat kompleks selama bulan Ramadan ini. Kabohidrat kompleks diserap secara perlahan oleh tubuh, Jadi kadar gula yang dikirim ke otak akan lebih banyak dari biasanya.

Nah si kabohidrat kompleks ini bisa kamu dapatkan dalam nasi merah, ubi, jagung, dan singkong. Udah tahukan, berarti mulai sekarang kamu perlu masukan nasi merah, ubi, jagung, atau singkong kedalam menu sahur atau buka puasa kamu.

2. Gerakan Tubuh Hilangkan Kantuk

Afro_circus

Kamu nggak mesti jejingkrakan gak karuan kak. Cukup lakukan gerakan pemanasan ringan di meja kerjamu. Itu lho, gerakan yang mirip dengan senam skj jaman kita SD dulu. Aktivitas ini bisa melancarkan sirkulasi darah keotak sehingga pikiran akan tetap terasa segar. Artinya kamu nggak akan mudah mengantuk di siang hari.

3. Cuci Muka

__0301facial1

Udah tahu dong sama cara hilangkan kantuk yang satu ini?

Cuci muka memang cara klasik untuk menghilangkan rasa kantuk. Tapi mumpung lagi Ramadan nih, coba lengkapi cuci muka kamu dengan berwudhu untuk melaksanakan shalat. Selain rasa kantuk bisa menghilang, kamu juga bisa pendapatkan pahala karena menjalankan shalat.

4. Dengarkan Musik

image (1)   image (2)

Musik dengan irama up beat konon bisa menghilangkan kantuk lho. Saat mendengarkan music up beat, biasanya tubuh kita akan bergerak menyesuaikan dengan lagu. Contohnya kaki, tangan, atau kepala yang bergerak-gerak sendiri saat mendengarkan musik.

Efek dengerin musik ini bisa sama dengan kamu mencuci muka lho. Selain itu, musik juga membantu kamu jadi lebih konsentrasi saat bekerja.

5. Tidur

Ngantuk? Ya tidur.

Obat paling ampuh untuk menghilangkan kantuk hanya tidur. Coba manfaatkan waktu istirahat siang kamu untuk tidur sejenak. Lumayan Citeeszen, kamu bisa tidur siang selama satu jam. Tapi jangan lupa pasang alarm ya. Jangan sampai kamu kebablasan tidur dan malah nggak kerja.

redup59

Gimana pendapat kamu?