5 Tips Nutrisi Sehat Saat Puasa

Nutrisi sehat mrupakan faktor penting yang nggak boleh kamu tinggalkan selama puasa. Jika selama ini kamu makan sahur dan buka dengan pilihan menu favorit tanpa mikirin nutrisinya, berarti aku nggak salah nentuin tema ini untuk kamu.

Karena, kalau kamu nggak jaga kadar nutrisi dalam makanan saat buka atau pun sahur, bisa-bisa saat lebaran tiba kamu malah sakit Citeeszen. Padahal puasa sebenarnya bisa membuat tubuh lebih sehat kalau kamu jalankan dengan baik lho.

Sebelum terlambat, coba ikuti 5 tips nutrisi sehat saat puasa ini yuk :

1. Asupan Protein

image (8)  image

Protein tinggi berfungsi agar otot-otot tubuh kamu tidak lemas yang akhirnya membuat malas gerak alias mager. Buat yang nggak mau mikirin kandungan gizi, kamu perlu tahu kalau di Indonesia, makanan yang mengandung protein biasanya disajikan sebagai lauk. Contohnya aja telur, ayam, dan ikan.

Makanan berprotein tinggi sebaiknya diperbanyak saat berbuka puasa, agar tubuh yang lemas selama puasa bisa dengan cepat segar kembali setelah berbuka.

2. Vitamin Alami Lebih Baik

tumblr_n6974s3UnD1t6ir2yo1_400

Apa kamu suka mengkonsumsi suplemen tambahan selama puasa?

Kalau kamu baca aturan pakainya, akan ada tulisan “Jika Perlu”. Maksudnya, kamu bisa konsumsi supplement  tambahan itu kalau diperlukan aja Citeeszen. Meskipun berguna, lebih baik konsumsi suplemen alami dalam bentuk sayur-sayuran untuk sahur maupun berbuka.

Perbanyak yang mengandung vitamin C dan E sebagai antioksidan tinggi agar kamu nggak gampang sakit selama berpuasa.

3. Camilan Sehat Sebelum Tidur

tumblr_o27v349azS1u9ooogo1_500

Punya pantangan nggak makan sebelum tidur?

Selama puasa, sebaiknya pantangan ini kamu lupain dulu deh. Soalnya, kamu kan seharian nggak makan, jadi jadwal makan kamu perlu digeser ke malam hari. Tapi, porsinya harus di kira-kira juga ya Citeeszen, jangan asal pilih makanan.

Sebelumnya kan kamu sudah kenyang saat berbuka, nah untuk makanan sebelum tidur pilihlah camilan sehat yang berguna untuk pengganjal perut. Contohnya yogurt dan buah segar. Kamu bisa bikin smoothies dengan campuran yogurt dan buah biar lebih simpel.

Biar nggak pusing nentuin buah apa yang perlu kamu makan, cek di artikel Bugar Dengan Buah Segar aja.

4. Makanan Berserat

image (1)

Perbanyak makanan berserat saat sahur. Makanan berserat tinggi berguna agar kamu nggak mudah lapar saat puasa. Karena jenis makanan satu ini diserap lebih lama jadi akan berada lebih lama juga didalam perut kamu. Paling nggak, perut kamu nggak bakal keroncongan di siang hari deh kalau saat sahur sudah konsumsi makanan berserat tinggi.

5. Hal Yang Perlu Dihindari

Sebagai umat Islam, kita punya adab yang baik dalam melakukan berbagai hal. Termasuk juga dengan masalah nutrisi sehat ini Citeeszen. Sebaiknya kamu perlu lakukan :

  • Berhentilah makan sebelum kenyang
  • Kunyah makanan pelan-pelan
  • Kalau makan jangan lakukan hal lain seperti main game atau chating di hp
  • Hindari junk food

 

Semoga ke-5 tips nutrisi sehat yang aku berikan tadi bisa membantu kamu tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa ya Citeeszen. Tubuh yang sehat akan terlihat maksima dengan gaya yang cerah dan segar. Mau penampilan yang lebih segar? Pilih aja di koleksi berbuah yang fresh di Tees.

redup61

Gimana pendapat kamu?