Desain Kaos Tipografi dalam 2 Menit

Kalau kamu menyusuri Tees.co.id, kamu akan menemukan banyak sekali desain kaos yang isinya tulisan, kalimat motivasi, atau kata-kata humor, yang dirangkai menjadi bentuk yang indah. Nah, desain kaos yang seperti itu yang disebut dengan tipografi.

Tapi apa itu tipografi yang kalau dalam bahasa Indonesia adalah “tipografi”? Tipografi adalah perpaduan seni dan teknik mengatur tulisan, yang merupakan elemen yang sangat krusial dalam melengkapi sebuah desain. Kamu bisa lihat di sekeliling kamu, poster di jalanan, menu di restoran, itu adalah bagian dari tipografi.

Atau misalnya, kamu bisa juga, loh, ngajak gebetan kamu jadian dengan melalui desain tipografi yang kamu bikin. Daripada gemeteran melulu kalo deket dan jadi susah ngomong, mendingan kamu kasih desain tipografi yang cakep aja. Niscaya gebetan kamu akan meleleh dan seketika ada di pelukan kamu. Ajaib!

Sebegitu pentingnya peran tipografi pada desain yang kita hasilkan, Jadi meskipun desain visual yang kita buat bagus tetapi tipografinya tidak mudah dibaca dan dipahami, maka termasuk desain yang gagal. Tentunya kamu nggak mau, dong, desain kaos yang sudah susah payah kamu buat, ternyata tidak bisa dinikmati dengan baik karena ada satu unsur yang gagal.

Tapi ternyata, memang masih banyak yang belum paham betul bagaimana caranya bikin desain kaos tipografi. Oleh karena itu di sini aku beri tahu beberapa panduan membuat desain tipografi, khusus untuk kamu yang baru banget belajar desain.

  1. Pemilihan Font dalam Desain Kaos

    tipografi1
    Ada banyak sekali website yang menyediakan font gratis maupun berbayar. Tapi, yang perlu kamu ingat, bahwa meskipun kamu memiliki banyak sekali pilihan font, kamu nggak harus menggunakan itu semua. Kamu tetap musti menyesuaikan dengan keperluan kamu.

    Menggunakan font yang sedang nge-tren atau sudah diuji cobakan oleh banyak orang juga nggak masalah, loh. Karena font tersebut bisa jadi menaikkan tingkat kekerenan desain tipografi kamu.

  2. Perataan Paragraf

    tipografi2
    Dalam tata letak huruf dan halaman, alignment atau range, adalah pengaturan aliran teks atau penempatan gambar yang disesuaikan dengan halaman, kolom (ukuran), sel tabel atau tab. Pengaturan seperti ini biasanya disebut disebut sebagai perataan teks dan tepi halaman atau kolom dikenal sebagai margin.

    Ada beberapa pilihan untuk pengaturan huruf, seperti yang ada di bawah ini

  3. Leading (Jakar Antar Spasi)
    tipografi3

    “Leading” menggambarkan ruang vertikal antara setiap baris dari tulisan. Faktor yang menentukan berapa besar leading yang pas adalah besarnya teks dan panjangnya baris. Baris yang panjang memerlukan leading lebih besar supaya pembaca mudah menemukan baris selanjutnya. Begitu pula dengan ukuran huruf yang besar.

Gimana menurut kamu? Sudah cukup jelas, kan, ya?

Dengan mengikuti beberapa aturan di atas tadi, kamu bisa membuat desain tipografi dengan mudah, dan pastinya akan menambah kemampuan mendesain kamu.

Jangan sedih kalau hasil di awalnya jelek. Karena, tetap saja butuh latihan. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya latihan yang kamu lakukan, desain tipografi kamu akan semakin cakep dan cakep lagi.

Jadi jangan tunda-tunda deh, untuk memulai belajar bikin desain tipografi. Yuk, bikin desain kaos!

Gimana pendapat kamu?