Designer’s Talk: Mogo Fresha

Sekarang kita akan mewawancarai Mogo Fresha, pemuda segar yang desainnya lucu, simple, namun keren banget. Cek wawancara kami dengan Mogo, yang akan bisa membuka mata dan pikiranmu.

Kemarin tahun baru liburan ke mana?

Wah, pertanyaan ini sebenarnya rada sensitif. Tapi, nggak apa-apa, saya jawab. Kemarin sih tahun baru nggak kemana-mana, di rumah, tidur, sendirian. Secara lagi bokek, nggak ada yang ngajak, dan hawanya entah kenapa lagi males kemana-mana. :’)

Kamu suka banget mendesain hal-hal yang berbau Indonesia. Secinta itu, nih, sama Indonesia?

Kalo dibilang cinta banget sih enggak. Alasannya simple, saya belum begitu banyak mengenal Indonesia. Sejauh saya belum ada kesempatan untuk berkeliling Indonesia, bagaimana saya bisa mengenal Indonesia. Sedangkan untuk bisa cinta, saya harus mengenal lebih dalam lagi. #tsah Tapi untuk saat ini, saya cinta Indonesia masih dalam taraf wajar. Dalam artian, karena saya tinggal di Indonesia, tentu wajar kalo saya cinta Indonesia.

Indonesia itu kayaaa… banget akan keanekaragaman yang dipunya. Mulai dari budaya, adat istiadat, bahasa, bahkan alamnya yang indah. Dengan keanekaragaman yang sebegitu banyak, sayang aja kalo nggak di-“explore”. Karena saya bisa desain, maka saya “explore” Indonesia ini lewat desain. Mungkin dengan cara seperti itu, saya bisa lebih mengenal Indonesia bahkan mencintai Indonesia lebih jauh lagi.

Juga selain itu, saya bermaksud ingin mengajak muda-mudi Indonesia dalam semangat mencintai, menumbuhkan dan menjaga Indonesia. Di tengah pesimistis yang beredar tentang Indonesia, nggak ada salahnya berharap Indonesia tertata jadi lebih apik dan baik lagi. Harapan saya, Indonesia bisa “meniru” negara maju yang ada, dalam hal mempromosikan negara itu. Seperti contoh, dengan desain. Tentu desain sangat luas cakupannya dan ada dimana-mana. Mulai dari banner, pamflet, pakaian, dan apa saja yang bisa kita jumpai.

Nah! Pakaian ini juga terdiri dari kaos, celana, jaket, topi, dan yang lainnya. Dengan orang memakai pakaian yang bertema (baca: bertuliskan) Indonesia, bisa jadi itu bentuk kecil dari kecintaannya terhadap Indonesia. Tentu akan sangat keren jika suatu saat (atau mungkin udah terjadi), ada wisatawan asing datang ke Indonesia dan membeli pernak-pernik bertema Indonesia. Mereka membeli dan mungkin mengenakannya dengan bangga. : )

Panjang juga ya. Hehe. Lanjut, yak. Tunjukkan salah satu karya favorit kamu, dan beri tahu alasannya.

Saya suka banget sama desain yang Ind1 Wrn ini. : )

mogo

Simple, warna-warni, dan ada makna yang dalam sebenarnya. Ya setiap orang bisa mempunyai persepsi lain. Tapi tulisan Indonesia, dengan ada peta Indonesia ditambah warna-warni di dalamnya udah menjadi arti tersendiri. : )

Di sini kan banyak desainer muda juga, nih. Ada salah satu yang kamu idolakan nggak? Siapa dan kenapa? 

Kalo desainer di tees.co.id, saya belum menemukan (belum tahu). Tapi kalo desainer muda Indonesia ada beberapa yang saya sangat suka desain-desainnya. Ada “Budi Satria Kwan“, dia langganan juara kontes desain di salah satu web desain ternama di luar sana. Desainnya keren, bahkan saya berharap bisa nge-desain seperti dia. Tiap desain yang dia buat bertema, paduan warna dan pesan yang disampaikan selalu “dapat”. Simple tapi ngena. Walaupun, nggak bisa dibilang simple juga.
Ada juga “Eko Nugroho“. Dia bener-bener seniman hebat. Nggak tahu kenapa, dan sebenarnya saya baru kenal/tahu juga belum lama. Tapi begitu lihat karyanya dan beberapa sumbangsihnya terhadap seni, saya benar-benar kagum. Desain yang dia buat khas banget, random, tapi keren.
Wahyu Aditya“, dia salah satu inspirasi saya sampai akhirnya saya bisa berani bikin desain dan mengotak-atik “eksekusi” desain yang saya buat. Hmm, masih banyak lagi sebenarnya. Tapi mungkin akan panjang dan juga ada beberapa desainer yang saya nggak tahu, tapi saya suka sama desainnya.

Desain kamu simple dan mudah diterima oleh banyak orang. Apakah kamu memang sengaja membuatnya seperti itu dengan tujuan tertentu, atau kamu memang suka style yang begitu?

Desain yang saya buat memang sengaja simple dengan maksud memang ingin menonjolkan tulisan “Indonesia”-nya. Karena memang desain saya yang ada di tees.co.id/store/mogo kebanyakan bertuliskan “Indonesia”. : ) Tapi selain itu juga, udah banyak desain bertema Indonesia yang bagus (sangat bagus malah) dan detil. Jadi saya bagian yang membuat desain yang simple, karena mungkin ada beberapa orang yang ingin alternatif desain lain bertema “Indonesia” yang lebih simple atau yang nggak “njlimet”. Mungkin akan sulit mencari desain bertema Indonesia yang simple di toko-toko off-line, jadi saya sengaja membuatnya seperti itu.

Kamu percaya sama alien? Menurutmu mereka itu apa?

Hmm, alien? Entahlah, antara percaya nggak percaya. Kayak hantu, selama saya belum melihatnya secara langsung, saya masih diambang percaya nggak percaya. Saya juga nggak mau berusaha mencari tahu. Kecuali kalo alien itu datang dan ingin menyalurkan kekuatan supernya kepada saya (kayak di film-film), lucu juga kali ya. : P

Seru? Pastinya! Kamu bisa cek karya-karya Mogo di sini atau tanya langsung ke Mogo melalui komen di bawah ini. Yuk berkarya seperti dia : D

Cek koleksi lengkapnya →

Gimana pendapat kamu?