Weekly Inspirasi: Memecahkan Masalah ala Kratoon Channel

kratoon2

Masih inget ga si jaman kita kecil, kita bela-belain bangun pagi hari minggu untuk nonton film animasi.

Saat itu film animasi Jepang dan Amerika merajalela seperti Doraemon, Dragon Ball, Thundercats (eaa ketauan de tuanya) dan masih banyak lagi. Seru banget nontonnya dan sampe sekarang pun banyak yang masih ngefans. Penasaran ga si kenapa dulu tuh ga ada film animasi dari Indonesia?

Andi Martin, founder dari Kratoon Channel akhirnya menjawab tantangan itu.

kratoon

Di tahun 2007 Andi Martin membuat karakter Hebring bersama dengan Main Studios. Walaupun sudah menciptakan Hebring, pendapatan utama Main studios masih tetap pada mengerjakan proyek animasi dari klien-klien besar. Padahal sebagai kreator, Andi tentunya ingin dapat hidup dari karakter yang dibuatnya sendiri. Namun berkompetisi dengan karakter animasi lain yang sudah mendunia, saat itu terasa sangat berat. Hal tersebut karena harga karakter animasi luar negeri bisa 10x lipat lebih murah daripada animasi lokal, karena jangkauan pasarnya yang sangat luas.

Namun hal tersebut tidak mengecilkan niatnya walaupun rintangannya banyak sekali, seperti:

  • Karakternya tidak bisa mendapatkan tempat di TV, maka dicarinya tempat lain untuk berkembang: Youtube!
  • Tidak adanya biaya untuk membuat animasi panjang, dibuatnya animasi dalam format baru dalam 15 detik. Yep, 15 detik saja! Animasi tersebut bernama Animastrip.
  • Karakter kurang banyak? Berkolaborasilah dia dengan banyak karakter lain seperti Si Juki, REPOEBLYQ QDJY, Budiman, dan tentu saja Hebring. Berawal dari sinilah akhirnya Juki pun akan dibuat film LAYAR LEBARNYA! Asik kan!

kratoon3

Kratoon sendiri masih terbilang baru dan perjalanannya masih panjang. Untuk itu Tees.co.id tergerak untuk membantu dalam memfasilitasi mereka dalam hal menjual merchandise resmi mereka agar kalian bisa terus menikmati karya mereka. Karya keren seperti ini harus kita dukung! Jangan mau karya kita kalah terus di negara sendiri. Dengan dukungan kita semua, di masa depan karya animasi lokal bisa berkompetisi langsung di kancah dunia seperti semua karakter animasi yang sudah kita kenal sebelumnya.

Salam Karya!

 

kratoonredup

Gimana pendapat kamu?