Cara Membuat Origami X-Wing Starfighter dalam 5 Menit!

Koleksi Star Wars kamu tidak akan lengkap tanpa kehadiran pesawat X-wing starfighter. Bentuknya yang unik dengan sayap berbentuk huruf X menjadikan pesawat X-wing starfighter ini jadi ciri khas yang tak bisa ditinggalkan dari Star Wars.

Star Wars X-Wing Starfighter Origami

Seorang pecinta Star Wars tentunya wajib untuk mengoleksi action figure berbentuk X-wing starfighter. Sayangnya, harga action figure X-wing cukup mahal. Tapi tenang, ada solusi alternatif yang murah meriah, lho. Yakni dengan cara membuat origami X-wing.

Scroll ke bawah untuk lihat video origami Star Wars X-Wing

Star Wars X-Wing Starfighter Origami

Kalau penasaran dengan cara membuat origami X-wing, ikuti langkah-langkahnya berikut:

Star Wars X-Wing Starfighter Origami

  1. Siapkan kertas lipat berbentuk persegi, pilih warna sesuai dengan selera masing-masing.
  2. Buat garis lipatan secara horizontal, vertikal, dan dua garis lipatan diagonal. Keempat garis ini akan bertemu pada satu titik di bagian tengah.
  3. Lipat kertas mengikuti salah satu garis diagonal sehingga berbentuk segitiga. Tarik dua ujung segitiga ke bagian tengah, dan lipat sehingga terbentuk persegi dengan ukuran lebih kecil. Pada tahap ini, kamu akan punya persegi dengan empat lipatan di dalamnya.
  4. Di salah satu lipatan, ambil kedua ujungnya untuk dilepit simetris ke bagian tengah, sehingga terbentuk garis lipatan baru. Lalu ambil salah satu ujung, angkat dan tekan pada bagian tengah. Ulangi langkah serupa pada bagian lain. Walhasil, terbentuk empat lipatan layang-layang.
  5. Pilih salah satu lipatan layang-layang, buat lipatan kelopak dengan memanfaatkan garis lipatan yang ada. Hasilnya, akan ada segitiga kecil di bagian tengah. Lipat segitiga kecil itu ke arah bawah. Ulangi langkah serupa untuk tiga lipatan layang-layang lain.
  6. Pada tahap ini, kamu memiliki lipatan kertas berbentuk kristal dengan sumbu pada bagian atas. Sementara di bagian bawah, terdapat empat kaki. Empat kaki inilah yang nantinya akan difungsikan sebagai sayap pada X-wing.
  7. Ambil satu kaki, dan lipat ke samping untuk memperoleh garis lipatan. Lalu, balik ke lipatan di sampingnya dan tekuk bagian sayap mulai dari bawah. Ulangi langkah ini untuk bagian kaki lainnya.
  8. Bentuk pesawat X-wing sudah mulai terlihat. Lipat bagian ujung masing-masing sayap untuk membentuk senjata laser. Lipat segitiga yang ada di bagian belakang pesawat agar terlihat lebih rapi.
  9. Dan terakhir, untuk membuat pesawat ini lebih ramping, lipat bagian hidung pesawat. Lakukan ini untuk semua sisinya. Dan voila, pesawat X-wing pun sudah jadi!

Star Wars X-Wing Starfighter Origami

Hasil kreasi origami X-wing ini akan terlihat bagus saat kamu melipat kertas dengan rapi. Cukup mudah dan bisa dicoba siapa saja.

Omong-omong Star Wars, kamu udah punya kaosnya, Belum? Cek di bawah ini, deh!

star wars redup

Gimana pendapat kamu?