Tips Memilih Buku Untuk Pembaca Pemula

Citeeszen, tahukah kamu pada bulan Mei ini, kita memperingati hari buku nasional? Untuk itu aku ingin mengajak kamu untuk memilih buku bacaan dan mulai membaca.

Apakah kamu suka membaca?

“Sibuk” sering menjadi alasan untuk tidak membaca. Padahal ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dan pelajari dari membaca sebuah buku lho. Sayangnya, masih banyak orang menganggap kalau membaca itu identik dengan kegiatan sekolahan yang hanya dilakukan para siswa atau mahasiswa. Termasuk juga kamu nih Citeeszen. Coba ingat kapan terakhir kali kamu membaca sebuah buku sampai habis. Jika sudah cukup lama, maka kamu perlu merangsang kembali minat baca kamu.

Nah untuk itu ada aku yang akan memberi kamu tips memilih buku untuk pembaca pemula seperti kamu. Karena pada awalnya kamu tidak begitu suka membaca, maka kamu perlu memperhatikan hal berikut ini :

  1. Genre
giphy

www.giphy.com

Seperti halnya musik, buku juga memiliki genre atau jenis alur cerita yang berbeda-beda. Sebelum memilih buku yang akan kamu baca, pastikan kamu sudah mengetahu genre buku yang kamu suka ya kak.

Misalnya kalau kamu penyuka film horror, bisa jadi kamu akan menyukai buku-buku bergenre misteri dan suspense. Suka cerita lucu? Kamu bisa memilih buku komedi kak. Genre komedi juga tergolong ramah untuk kamu pembaca pemula. Karena umumnya genre komedi lebih deskriptif dalam bercerita sehingga mudah untuk dimengerti.

2. Penulis

jk-rowling-writerJika Citeeszen memiliki penulis favorit, kamu bisa mulai biasakan membaca karya dari penulis tersebut. Meskipun aku nggak menjamin kalau semua buku karya penulis tersebut termasuk ‘buku yang bagus’, paling nggak kamu bisa terbiasa membaca buku. Jika sudah mulai menyukai aktivitas membaca, Citeeszen bisa mulai mencari buku lain di luar karya penulis favorit. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa menemukan penulis favorit baru kak :)

3. Sinopsis

rapunzel-booksSaat membeli buku, sebaiknya kamu membaca sinopsisnya terlebih dahulu. Dari sinopsis tersebut kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai isi buku. Jika dari sinopsis kamu belum tertarik, sebaiknya cari buku lainnya saja. Tapi jika kamu merasa tertarik dengan jalan cerita pada sinopsis buku tersebut, hampir pasti kalau kamu juga akan menyukai bukunya kak.

Selain sinopsis, kamu juga bisa menilai apakah kamu akan suka ceritanya atau tidak dari design cover buku. Biasanya, cover buku disesuaikan dengan isi cerita atau tema umum buku tersebut kak.

4. Sedikit Tapi Rutin

anigif_original-grid-image-2869-1432303812-11Bagi para pembaca pemula seperti kamu, buku yang tebal dengan tulisan berderet dapat membuat sakit kepala saat membacanya. Tapi jangan patah semangat untuk membaca kak. Sebagai awal, kamu bisa membaca secara cicil.

Pernah dengar istilah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”? Istilah ini bisa kamu terapkan saat membaca buku. Bacalah sedikit-sedikit, jika merasa bosan kamu bisa berhenti lalu melanjutkan lagi nanti kak. Lama-lama satu buku pasti akan habis kamu baca.

5. Menulis

giphy (2)Masih merasa berat untuk membaca? Bagaimana kalau kamu memulainya dengan menulis kak?

Dengan menulis bukumu sendiri, Citeeszen tentu dengan sendirinya akan mencari buku referensi seputar topik yang kamu tulis. Akhirnya aktivitas membaca akan kamu lakukan secara rutin.

Saat ini kamu bisa menulis pada dua media kak. Media digital berupa blog, ataupun media fisik pada buku. Agar lebih greget, kamu bisa mulai menulis menggunakan buku fisik kak. Pilihlah buku dengan design menarik dan kualitas kertas yang baik. Siapa tahu dengan begitu semangat menulis kamu bisa terus membara kak :P

Karena aku baik, ini aku pilihkan beberapa notebook kece yang bisa kamu gunakan untuk menulis buku pertama kamu berikut ini, Citeeszen.

Masih belum nemu yang oke? Cek koleksi di bawah ini aja!

redup23

Gimana pendapat kamu?