Selamat Hari Pohon Sedunia Citeeszen

Tepat tanggal 21 November 2019 nanti, akan diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Hari Pohon Sedunia dijadikan momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan mahkluk hidup di muka bumi.

Pohon berfungsi untuk memerangi pemanasan global, mencegah tanah longsor, banjir dan membentuk iklim mikro yang baik. Selain itu juga, hari pohon sedunia ini juga untuk menghormati jasa J. Sterling Morton, seorang pecinta alam dari Amerika yang memiliki semangat tinggi dalam meng-kampanyekan gerakan menanam pohon.

Sebagai mahluk hidup yang tidak bergerak seperti manusia dan hewan, pohon sering kali dilupakan dan tidak dihargai kehadirannya dalam kehidupan kita. Tapi nyatanya, sebagai sesama mahluk hidup, kita semua memiliki tugas dan tanggung jawab kita masing-masing di dunia ini.

Pohon memang sangat berjasa bagi seluruh mahluk hidup, terutama bagi manusia. Setiap manusia di dunia pasti menyadari bahwa pohon merupakan komponen penting dalam kehidupan, tanpa pohon manusia tidak akan mampu memenuhi kebutuhannya. Perlu diketahui, hutan yang pada dasarnya ditumbuhi banyak pohon, punya fungsi sebagai penyerap gas CO2 (Karbondioksida) dan penghasil O2 (Oksigen), juga penyimpan atau penampung air dalam jumlah besar. Hal inilah yang seharusnya dikampanyekan kepada khalayak luas tentang pentingnya menanam dan menjaga kelestarian hutan dan pohon.

Mengingat semakin hari dampak pemanasan global di bumi tidak dapat diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Bentuk kepedulian terhadap lingkungan bisa diwujudkan dengan menanam pohon. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global di bumi diantaranya adalah dengan menanami setiap jengkal rumah dengan pohon.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus banyak bersyukur hidup di negara ini dengan kekayaan alam hutan dan tumbuhan yang sangat luas dan tentunya beragam. Di Indonesia kaya akan hal ini, sudah harusnya kita jaga dan lestarikan dengan semestinya ya, Citeeszen.

Yuk, bantu Store Lindungi Hutan, Aku Jaga Bhumi, Hutan Itu Indonesia, Hutan dan Kota di platform Tees.co.id mengkampanyekan niat baiknya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon. Karena dengan membeli merchandise store-store tersebut, secara tidak langsung kamu telah ikut berkontribusi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan <3

Gimana pendapat kamu?