5 Tips Agar Terhindar Dari Dehidrasi Ketika Puasa

Saat puasa, kita tidak makan dan minum dari subuh hingga petang. Artinya, selama kurang lebih 14 jam tubuh kita nggak terhidrasi dengan baik. Alias, kurang cairan. Nah, kalau kamu nggak pinter-pinter melakukan penyesuaian pola makan dan minum selama puasa, bisa-bisa kamu dehidrasi lho.

Tapi dehidrasi itu apa, sih?

Kalau tubuh kamu mengalami dehidrasi, bukan cuma rasa haus yang muncul. Tapi kulit akan berubah menjadi kering dan bibir menjadi pecah-pecah. Pasti mengganggu banget, kan?

Agar tubuh kamu terhindar dari dehidrasi ketika puasa, aku udah mengumpulkan 5 tips mudah yang juga bisa kamu lakukan :

1. Hindari Kopi

1456176486-1448309636-giphy-58

Kamu sadar nggak, setiap minum kopi, kamu buang air kecil lebih sering dari biasanya? Hal ini karena kandungan kafein pada kopi bisa mengeliminasi cairan dalam tubuh. Di hari biasa hal ini nggak akan jadi masalah karena kamu bisa setiap saat minum air putih. Tapi saat puasa? Wah kamu bisa dehidrasi, lho.

Selain itu dengan meminum kopi, mata kamu akan tetap segar dalam waktu lama sehingga kamu akan kurang tidur. Padahal cukup tidur dan istirahat di malam hari sangat penting untuk mencegah hilangnya cairan tubuh. Makanya Citeeszen, sebaiknya hindari kopi selama menjalankan ibadah puasa.

2. Makan Buah

image (1)     image

Buah memang penting dikonsumsi meskipun kamu tidak puasa, Citeszeen. Nah bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, pilihlah buah yang memiliki kandungan air yang besar. Contohnya saja seperti apel. Buah satu ini juga mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga kamu akan merasa segar sepanjang hari. Karena apel memiliki anti oksidan tinggi yang baik untuk tubuh.

Kamu nggak suka makan buah?

giphy

Kalau begitu coba rutin minum air kelapa. Dalam air kelapa terkandung elektrolit yang bermanfaat menjaga hidrasi tubuh jadi kamu nggak akan merasa kehausan. Lagian, air kelapa bisa jadi pilihan menu berbuka puasa yang enak dan nyegerin.

3. Minum Susu

Pernah mencoba minum susu selama bulan puasa?

joey-friends-drinking-milk-gif

Susu bukan cuma baik untuk anak-anak tapi untuk kita-kita yang udah dewasa juga. Karena dalam susu mengandung nutrisi dan elektrolit yang baik untuk hidrasi tubuh kamu.

Serunya, untuk kamu yang merasa tua buat minum susu, cari aja referensi tempat minum susu yang hipster. Kan bisa kamu jadikan venue berbuka puasa bersama dengan sahabat. Minum susu jadi lebih seru, kan?

4. Pola Olahraga

Cowok mana yang nggak suka olahraga?

image (2)    image (3)

Yeah.. pasti ada aja ya yang nggak suka olahraga. Tapi buat kamu yang hobi berolahraga, ada baiknya mengubah pola dan jadwal olahraga kamu. Kalau biasanya kamu berolahraga di pagi hari, coba ubah menjadi sore hari menjelang berbuka puasa. Dengan begitu, cairan tubuh yang hilang selama berolahraga bisa cepat kamu kembalikan. Khusus untuk kamu yang melakukan olahraga kardio, sebaiknya mengurangi intensitas latihan kamu agar tidak mengganggu ibadah puasa.

5. Pakai Baju Cerah

Katy-Perry-TGIF-5

Hah? Ngaruh apanya?!

Eits, tenang. Pakaian berwarna cerah konon dapat memantulkan kembali sinar matahari. Jadi kalau kita memakai pakaian berwarna cerah tubuh tidak akan mudah terasa gerah. Mudahnya, kita nggak akan cepat merasa haus kalau mengenakan pakaian warna cerah, Citeeszen.

Untuk kamu yang melakukan banyak aktivitas luar ruangan pasti akan tetap merasa gerah meskipun sudah pakai baju warna cerah, kan? Makanya kamu perlu rajin-rajin mengganti pakaian agar tetap nyaman selama melakukan aktivitas.

Jika kamu maksain untuk pakai baju yang sama sepanjang hari, tubuh pasti akan terasa lengket dan nggak nyaman. Hal ini akan membuat kamu lebih cepat haus dan merasa gerah. Akhirnya memicu cairan tubuh alias keringat untuk keluar lebih banyak lagi. Kalau sudah begitu tubuh kamu bisa kekurangan cairan yang mengarah pada dehidrasi.

Gimana menurut kamu? Ada ide lain supaya nggak dehidrasi ketika puasa?

5 TIPS AGAR TERINDAR DARI DEHIDRASI KETIKA PUASA-REDUP

Gimana pendapat kamu?