5 Tips Berhenti Merokok. Bisa?

Pernahkah kamu berjanji pada diri sendiri untuk berhenti merokok?

Coba kamu ingat berapa kali janji tersebut dibuat dan berapa kali juga kamu melanggarnya. Menepati janji untuk berhenti merokok memang merupakan perkara yang sulit, tapi tahukah kamu kalau ada yang bilang kalau “cowok sejati itu adalah yang menepati janji”. Nah looo. Gimana hayo? xD

Hmm mungkin kamu sudah bosan diberi peringatan tentang bahaya merokok. Kamu kan bukan anak kecil lagi dan pastinya sudah tahu benar bahaya dari rokok. Meskipun begitu, aku tahu kok untuk mengubah haluan menjadi non-smoker bukanlah hal yang mudah. Makanya, bagi kamu yang memiliki keinginan untuk berhenti, aku sudah kumpulkan 5 tips berhenti merokok khusus untuk kamu berikut ini :

1. Tetapkan Target

anigif_enhanced-buzz-12279-1379599236-35Seperti yang sudah aku sebut sebelumnya, berhenti merokok bukanlah perkara yang gampang. Makanya, nggak perlu ngeyel untuk berhenti saat itu juga. Karena percaya deh, nggak mungkin bisa!

Ada baiknya kamu tetapkan waktu yang cukup renggang agar tubuh dan mental kamu siap sepenuhnya untuk meninggalkan rokok. Selama periode ini, kamu bisa secara perlahan mengurangi kuantitas rokok yang kamu hisap. Jangan bandingkan diri kamu dengan kenalan yang bisa dengan cepat berhenti merokok. Karena toleransi tiap orang itu berbeda kak. Sesuaikan target kamu dengan kemampuan. Tapi pastikan ada pengurangan batang rokok yang kamu isap selama periode waktu yang sudah kamu buat yak.

2. Tell Everyone!

ev0AE8aPastikan setiap orang disekitar kamu tahu bahwa kamu sedang berusaha untuk berhenti merokok. Dengan begitu akan ada banyak orang mengawasi perkembangan dari usahamu itu Citeeszen.

Cara ini akan memunculkan 3 sikap dalam diri kamu. Pertama adalah semangat. Dengan banyak orang yang tahu artinya ada banyak orang pula yang mendukung usaha kamu itu. Kedua adalah rasa malu. Kamu akan berfikir dua kali sebelum menyerah dari usaha berhenti merokok karena malu dengan orang-orang yang sudah mendukungmu. Terakhir adalah timbulnya rasa tertantang. Sikap ini biasanya muncul karena banyak yang tidak yakin usaha mu akan membuahkan hasil. Sebagai cowok sejati, kamu tentu gak ingin diremehkan kan? Rasa tak yakin dari orang sekitar ini justru akan semakin membuat dirimu semangat membuktikan kalau mereka itu salah dan kamu bisa berhenti merokok.

3. Alihkan Perhatian

oJIK5CADibandingkan sebagai kebutuhan, banyak yang mengaku bahwa merokok itu adalah kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. Untuk mengganti kebiasaan tersebut tentunya kamu perlu kebiasaan baru kak. Coba alihkan perhatian kamu pada kegiatan lain yang lebih bermanfaat, contohnya saja berolahraga. Menurut riset, melakukan pekerjaan fisik akan mengurangi keinginan untuk merokok lho.

Sudah berolahraga tapi tetap ingin merokok?

Bisa jadi karena jemari kamu yang sebelumnya diisi oleh rokok kini menjadi kosong. Untuk sementara kamu bisa kelabui kebiasaan menggenggam rokok dengan menggenggam pena atau permen lollipop seakan mengisap rokok.

4. Nabung

money-gifs-zombielandApa hubungannya usaha berhenti merokok dengan menabung?

Coba tabungkan uang yang biasanya kamu gunakan untuk membeli. Uang ini kamu tabungkan setiap kali keingian untuk merokok itu muncul. Meskipun nominalnya sama dengan sebungkus rokok, tapi percaya deh akan lebih sulit menyimpan kembali uang tersebut untuk ditabung dibandingkan dikeluarkan untuk rokok.

Tapi di situlah tantangannya! Jika kamu bisa melewati tantangan ini, bukan hanya menjadi non-smokers, kamu juga bisa memiliki uang tambahan!

5. Stop Katakan “Besok”

Stop_it_hellboySetelah membaca artikel ini apakah muncul pikiran “Ok. Besok gw akan berhenti merokok”.

Kalau iya, jauhkan pikiran tersebut kak. Jika kamu memang ingin berhenti merokok mulai dari sekarang dan stop katakan besok. Karena, meskipun terkesan sepele, niat ‘besok’ itu akan menguap begitu saja begitu kamu bangun tidur esok pagi kak.

Jadi stop katakan besok dan mulailah dari sekarang untuk berhenti merokok! Bisa?

Biar kamu termotivasi, mendingan pakai produk-produk berisi kata-kata motivasi di bawah ini.

redup29

Gimana pendapat kamu?