7 Warna Lightsaber dan Makna di Baliknya

Jika ditanya apa satu hal yang paling diingat ketika mendengar Star Wars, mungkin lightsaber merupakan jawaban yang paling banyak dilontarkan. Bagaimana tidak? Senjata khas para ksatria Jedi dan Sith Lord ini tidak hanya memiliki fungsi dan warna yang menakjubkan. Ada banyak nilai dan makna filosofis yang terkandung di baliknya. Lantas sebenarnya, nilai-nilai filosofis apa saja sih yang tersimpan di balik warna-warna lightsaber? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini.

  1. Merah
    red lightsaber
    Lightsaber berwarna merah selalu dikaitkan dengan Sith Lord, seperti Darth Vader, Darth Revan, dan Lord Sidious. Warna merah yang dimiliki pada sebuah lightsaber menandakan hasrat, kemauan yang kuat, tegas, dan agresif. Seseorang yang dapat menggunakan lightsaber merah adalah para petarung sejati yang tidak mengenal kompromi dan kata menyerah. Tidak heran jika para Sith Lord terkenal dengan wataknya yang nekat, ambisius, dan tidak mengenal ampun untuk para musuhnya.
  1. Biru
    blue saber
    Tokoh dalam Star Wars yang menggunakan lightsaber biru untuk melawan para musuhnya di antaranya adalah Obi-Wan Kenobi, Anakin Skywalker, Luke Skywalker, dan Rey. Warna biru pada lightsaber mencerminkan watak penggunanya yang cerdas, memiliki rasa ingin tahu, dan kemauan untuk belajar yang tinggi, serta memiliki empati. Para Jedi yang menggunakan lightsaber biru ini dikenal lihai dalam mengecoh musuh-musuhnya. Berbeda dengan para Sith Lord yang selalu memiliki hasrat untuk melakukan kekerasan, Jedi dengan lightsaber biru hanya menggunakan kekerasan untuk melawan kejahatan dan memelihara perdamaian.
  1. Hijau
    green saber blog
    Lightsaber hijau banyak digunakan oleh para Jedi Master seperti Yoda, Qui-Gon Jin, dan Luke Skywalker. Hijau memiliki makna kebijaksanaan, kesabaran, dan kebaikan layaknya karakter yang dimiliki para Jedi Master. Jedi yang menggunakan lightsaber hijau hanya menggunakan kekerasan ketika tidak ada lagi pilihan lain. Mereka sangat bijak dan berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan.
  1. Ungu
    purple saber
    Awalnya banyak yang menertawakan warna lightsaber yang satu ini. Lightsaber ungu yang dimiliki oleh Mace Windu ini sebenarnya mencerminkan watak yang kuat, pandai dalam memimpin, serta adil. Jedi yang menggunakan lightsaber ungu ini selalu siap untuk dihadapkan pada situasi tersulit sekalipun. Mereka terlahir sebagai seorang pemimpin yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan.
  1. Perak
    silver saber
    Warna bronze atau perak memang jarang ditemui pada sebuah lightsaber. Dalam kisah lain di Star Wars universe, lightsaber perak ini hanya dimiliki oleh Lowbacca, Jedi dari ras wookie yang bertarung dalam perang Yuuzhan Vong. Jedi yang menggunakan lightsaber perak digambarkan memiliki kekuatan fisik yang luar biasa.
  1. Kuning
    yellowsaber
    Kuning menggambarkan watak penuh intrik dan cerdik dalam mengatur strategi. Dalam Star Wars universe, lightsaber kuning digunakan oleh ksatria Jedi bernama Yarael Poof dan Plo Koon. Dua Jedi tersebut dikenal akrab dengan aktivitas spionase.
  1. Jingga
    jingga
    Satu lagi warna lightsaber yang mungkin belum pernah kita temui di film-film Star Wars. Lightsaber jingga dimiliki oleh tokoh Jedi wanita bernama Yaddle, yang berasal dari ras yang sama dengan Master Yoda. Jedi yang memiliki lightsaber jingga ini digambarkan memiliki kemampuan berdiplomasi dan lebih memilih melakukan negosiasi dibanding jalan kekerasan.

Ternyata lightsaber tidak hanya berwarna hijau, biru, dan merah, ya. Miniatur lightsaber dan merchandise Star Wars seperti kaos dan lainnya bisa kamu dapatkan dengan harga yang beragam. Nah, buat kamu yang ingin melengkapi koleksi kaos Star Wars dengan desain yang unik, material berkualitas, dan beda dari yang lain, yuk langsung cek koleksi kita.
blogspot6

Gimana pendapat kamu?