8 Tips Memilih Oleh-oleh Mudik

Mudik nggak bisa kamu pisahin dengan oleh-oleh. Soalnya, selain menantikan kedatanganmu dengan selamat, keluarga di kampung halaman pasti juga mengharapkan buah tangan khas kota besar dari kamu.

Tapi, oleh-oleh mudik nggak cuma apa yang kamu bawa dari kota ke desa lho. Kamu juga perlu  membawa buah tangan ke kota untuk teman kantor ataupun tetangga. Kenapa? Aku juga nggak tahu sih, tapi saling memberi oleh-oleh sudah jadi kebiasan yang membudaya dimasyarakat kita. Makanya nih, aku akan memberi tips memilih oleh-oleh dari kota ke kampung dan juga dari kampung ke desa berikut ini:

1. Budget Mudik

money

Membeli oleh-oleh tentu membutuhkan dana yang nggak sedikit. Makanya kamu perlu khusus menyisihkan uang untuk oleh-oleh ini. Kalau dana kamu terbatas, jangan memaksakan diri membawa yang mahal.

Budgeting ini perlu kamu pisahkan antara oleh-oleh yang dibawa kekampung dengan yang akan dibawa pulang ke kota.

Takutnya kalau kamu gabung, budgetnya akan terpakai diawal dan habis di akhir. Nggak mau kan cuma karena salah perhitungan, kamu jadi satu-satunya yang nggak bawa oleh-oleh di kantor?

2. Penerima Oleh-oleh

image  image (1)

Saat memilih oleh-oleh mudik, pikirkan untuk siapa kamu membelinya. Dengan begitu, oleh-oleh yang kamu bawa nggak akan kurang atau pun kebanyakan. Kalau bingung, kamu bisa membagi oleh-oleh jadi 3 macam, yaitu : untuk cowok dewasa, cewek dewasa, dan untuk anak-anak.

Kamu bisa membeli barang yang sama untuk 3 kategori tadi. Contohnya membeli baju lebaran untuk oleh-oleh. Kamu bisa ngeles kalau sengaja memilih baju dengan model sama agar menjadi seragam. Dengan begitu keluarga senang dompetmu pun aman.

Sebagai referensi, kamu bisa cek koleksi merchandise lebaran yang bisa kamu pesan dengan jumlah yang banyak di sini.

3. Oleh-oleh Orang Tua

tumblr_mme8vnVpJe1qj4315o1_500

Bedakan oleh-oleh mudik untuk orang tua dengan yang lain. Orang tua yang aku maksud bukan cuma ibu bapak kamu lho. Nenek, kakek, paman, dan bibi harus diberikan oleh-oleh yang berbeda.

Kenapa?

Selain lebih sopan, standar selera orang tua biasanya berbeda dengan orang seumuran kita, apalagi dengan selera anak-anak. Makanya agar orang tua di kampung senang dengan oleh-oleh yang kamu bawa, pilihkan buah tangan yang khusus untuk mereka.

4. Transportasi

animasi mudik 30

Sebelum memilih oleh-oleh apa yang akan kamu bawa, pikirkan dulu transportasi yang akan kamu gunakan untuk mudik. Jadi gini, kalau kamu mudik dengan kendaraan umum dan oleh-oleh yang kamu bawa itu berukuran besar, tentu akan nyusahin kamu dan pasti terkena biaya tambahan. Begitu juga kalau kamu menggunakan motor. Tapi kalau kamu membawa mobil pribadi, jenis oleh-oleh yang dibawa bisa lebih fleksibel.

Jangan sengaja mengurangi jumlah oleh-oleh ya. Lebih baik kamu memilih buah tangan yang akan mudah dibawa banyak. Jadi kamu nggak akan kesulitan diperjalanan dan semua anggota keluarga bisa kebagian.

Gak kepikiran mau bawa apa? Cari inspirasinya di sini.

5. Kirim Paket

ObPtMa9

Nggak mau repot membawa oleh-olehmu sendiri? Di paketin aja. Kalau kamu dari awal ingin menggunakan jasa ekspedisi, memilih oleh-oleh jadi lebih mudah. Karena pilihannya hanya terbatas pada budget yang kamu punya.

Tapi ingat, biasanya jasa ekspedisi sedang penuh-penuhnya menjelang lebaran, jadi kemungkinan oleh-oleh kamu nggak akan sampai pada waktunya. Kamu juga nggak bisa memaketkan makanan Citeeszen. Karena waktu pengiringan yang nggak bisa dipastikan, takutnya makanan yang kamu kirim akan rusak dan jadi nggak berguna.

6. Obat dan Alat Kesehatan

Pernah kepikiran membawa alat kesehatan sebagai oleh-oleh? Dibandingkan barang lain, benda seperti ini justru lebih berguna Citeeszen. Apalagi kalau keluarga kamu ada yang memang membutuhkan alat kesehatan untuk aktivitas sehari-harinya.

Yakin deh, oleh-oleh yang kamu bawa pasti akan dipakai setiap hari dan selalu disyukuri. Lumayankan, siapa tahu jadi pahala.

7. Khas itu Unik

image (2)

Nah, di poin ini aku akan ngomongin oleh-oleh dari kampung ke kota. Biasanya, oleh-oleh yang kita bawa pulang ke kota akan dibagikan ke tetangga ataupun rekan kerja. Kampung halaman kamu dan tiap rekan kerja tentu beda dong. Makanya membawa oleh-oleh yang khas daerah masing-masing pasti lebih unik.

Kamu juga bisa bercerita tentang makanan favorit sewaktu kecil, atau pun cerita menarik lainnya selama mudik. Dengan begitu, oleh-oleh yang kamu bawa bisa memberi kecerian di tempat kerjamu.

8. Jangan Dadakan

Pastikan kamu nggak kelupaan membeli oleh-oleh khas di daerah kamu ya. Jangan sampai kamu baru ingat di jalan dan terpaksa membeli di kios oleh-oleh terdekat. Sebenarnya nggak apa-apa juga sih, tapi buah tangan yang kamu bawa ini akan terkesan seperti terpaksa karena kamu beli dadakan.

Gimana pendapat kamu?