Sejarah Kaos yang Perlu Kamu Tahu!

Tahu nggak, awalnya kaos dianggap sebagai pakaian dalam lho! Kalau kamu pakai kaos di tahun 1900-an awal, kemungkinan akan jadi bahan omongan orang. Umumnya sih ngejek kamu gila karena berani keluar rumah pakai pakaian dalam.

Perjalanan kaos dari pakaian dalam jadi fashion item yang wajib kamu punya itu mirip sama cita-cita. Perlu waktu dan banyak rintangan. Nah kalau cita-cita perlu terus di coba dan mungkin gagal, sejarah kaos itu perlahan tapi pasti. Nggak percaya? Lihat aja tahapan sejarahnya ini:

1. Masa Perang Dunia

Sejarah kaos yang harus kamu tahu

Contoh kaos dalam tentara

Di zaman perang dunia I dan II, kaos lebih dikenal sebagai bagian dari seragam militer. Emang sih masih dipakai sebagai baju dalam untuk seragam, tapi karena dipakai sama tentara yang puya badan bagus, image-nya pun berubah jadi keren dan maskulin. Dengan sendirinya, kaos menjadi pakaian kasual para tentara yang sedang bertugas. Tujuannya sih biar mereka bisa stand by 24 jam tanpa perlu ganti baju kalau ada situasi darurat.

2. Baju Anak Keluarga Menengah

kids-animated-gif-5

Bahan dasar yang digunakan di jaman dulu sama sekarang nggak jauh beda. Artinya sama-sama nyaman dipakai, mudah dibersihkan, dan murah. Tiga alasan ini membuat pakaian yang sebelumnya dianggap baju dalam ini, kemudian jadi pilihan utama keluarga kelas ekonomi menengah untuk pakaian bermain anak di tahun 1920-an. Pada dekade yang sama, kata t-shirt diakui menjadi kata di Bahasa Inggris dengan penjelasan sebuah pakaian yang fit di badan.

3. Fenomenal Berkat Film

Sejarah kaos yang harus kamu tahu

Meskipun sudah mulai banyak dipakai pada masa itu, namun masih banyak orang yang merasa aneh menggunakan pakain jenis ini untuk aktivitas mereka. Berkat film Wizard Of Oz, pandangan publik jadi makin terbuka dan lebih menerima kalau kaos udah bukan pakaian dalam lagi. Film ini juga menjadi salah satu pioneer printed tees.

Meskipun Wizard of Oz yang menggawangi, namun film A Streetcar Named Desirelah yang membuat kaos menjadi fenomenal. Di film ini, actor Marlon Brando nunjukin kalau pakaian yang simpel bisa terlihat keren sekaligus nyaman dipakai.

4. Media Ekspresi Anak Muda

6(2)linefb                    43(2)

Bahan yang menyerap keringat dan simpel membuatnya cepat menjadi trend di kalangan anak muda, bahkan sampai sekarang! Awalnya nih, anak muda jaman dulu pakai kaos sebagai bagian kampanye anti rasisme dan perbedan kelas karena modelnya yang seragam dan cocok dipakai semua orang.

5. Perkembangan Kaos Saat Ini

Item fashion ini sekarang udah jadi bagian dari gaya hidup. Kayaknya nih, hampir nggak ada orang yang belum pernah pakai. Perkembangan teknologi juga bikin designnya lebih menarik dari sebelumnya. Desain yang digunakan bukan cuma berupa kalimat dengan huruf standar, tapi diubah menjadi seni design tipografi.

image

Contoh Tipografi

Ada juga design berupa grafis atau ilustrasi yang keren dan bikin lebih PD untuk kamu pakai gaul dengan sahabat. Proses printnya juga berkembang dari awal hanya cetak manual, sampai sekarang ada banyak ragam cara print secara digital yang bisa kamu pilih.

image (1)

Contoh Grafis dan Ilustrasi

Itu dia tadi perjalanan panjang sebuah kaos yang awalnya dianggap pakaian dalam sampai jadi fashion item keren yang wajib kamu punya. Buat kamu yang pingin punya yang beda dari yang lain, coba bikin sendiri, yuk!

redup98

 

Gimana pendapat kamu?