Belanja Kaos Online Tapi Takut Ketipu?

Pernah belanja kaos online? Sebenarnya nih, belanja kaos secara online itu nggak jauh beda sama belanja kaos di toko fisik. Bedanya, kamu nggak bisa melihat langsung dan memegang bahan kaos. Online atau nggak, namanya mau membeli sesuatu itu pasti rawan penipuan. Tapi kalau kamu tahu triknya, dijamin tetap aman meski kamu belanja secara online.

Khusus buat kamu nih, aku udah siapin beberapa trik agar lebih aman belanja online berikut ini :

1. Tak Kenal Maka Tak Sayang

Selena Gomez belanja kaos online

Bukan cuma pacaran, belanja online juga perlu pendekatan, lho. Kamu perlu cek apakah nomor telpon yang diberikan atau akun sosmed mereka itu beneran valid alias bisa dihubungi. Kalau bisa, kamu bisa lanjut ngajak ngobrol. Miriplah sama PDKT ke gebetan.

Eits, tapi jangan nanya ‘udah makan apa belum?’ ya. PDKT yang aku maksud itu, kamu bisa tanya ketentuan belanja, cara pesan, sampai siapa yang design kaos pesanan kamu. Apa aja bisa kamu tanya deh.

2. Testimoni Pelanggan Toko Kaos Online

Salah satu jaminan aman untuk belanja kaos online adalah testimoni pelanggan. Biasanya, toko online yang baik akan menunjukan testimoni pelanggan di halaman website mereka. Agar lebih yakin, kamu bisa cek di akun media sosial penjual kaos online yang akan kamu beli.

Testimonial orang belanja kaos online di Tees.co.id

Contoh testimoni di website tees.co.id

Tapi kamu jangan masuk ke dalam akun medsosnya, agar lebih valid coba search nama toko online tersebut, nanti semua komentar dan testimoni pasti akan muncul. Dari mulai hal yang positif sampai dengan keluhan negatif bisa kamu baca. Selanjutnya, tinggal kamu yang putuskan apakah mau tetap beli kaos di toko kaos online itu.

Hasil belanja kaos online di Tees.co.id

Contoh testimoni di akun twitter tees.co.id

3. Pahami Detail Kaos, Proses Pembayaran dan Pengiriman

Setelah menetapkan hati untuk belanja kaos secara online, sekarang kamu perlu perhatiin detail fisik kaos yang akan kamu beli. Tapi bagaimana caranya kalau nggak bisa megang kaos secara langsung?

Untuk masalah ini, kamu perlu percaya sama keterangan kaos yang diberikan sama penjual. Seharusnya, di kaos yang akan kamu beli itu tercantum bahan kaos yang di gunakan. Biasanya, penjual kaos di dunia maya menggunakan kaos gildan dengan bahan cotton comb antara no.20-40. Makin kecil angkanya, artinya makin tebal bahan yang digunakan.

Selain detail bahan, kamu juga perlu cek ukuran kaos yang akan kamu pesan. Jangan hanya pilih ukuran S,M,L, atau XL saja. Perhatikan detail ukuran versi cm nya juga. Jadi kamu bisa ukur sendiri apakah kaosnya akan pas atau nggak.

Bahan sama ukuran udah cocok, sekarang kamu perlu pastiin pengiriman. Coba cari tahu berapa lama kaos pesananmu akan sampai. Soalnya beda sama toko kaos fisik yang kaosnya langsung jadi punya kamu begitu bayar, beli kaos secara online akan butuh waktu sebelum pesanan kamu bisa sampai.

Kalau semua udah cocok, berarti tinggal lakukan pembayaran. Saat ini, proses pembayaran toko online mulai beragam. Mulai dari transfer, menggunakan kartu kredit, sampai cara COD alias Cash On Delivery. Buat kamu yang masih ragu dengan keamanan belanja online, cara bayar COD bisa kamu pilih. Soalnya, dengan COD kamu bisa bayar ditempat. Jadi kalaupun kaos pesanan nggak kunjung datang, kamu nggak rugi apa-apa.

3 tips aman belanja kaos online ini bisa kamu terapkan juga untuk pembelian barang lainnya secara online. Poinnya sih, kamu perlu rajin survey aktivitas media sosial di toko online dan jangan malu untuk bertanya.

Bagaiamana, sudah siap belanja kaos secara online?

redup95

Gimana pendapat kamu?