Bisnis Sampingan Tanpa Modal Yuk!

Memiliki bisnis sampingan merupakan impian banyak karyawan. Alasannya? Karena bisnis sampingan artinya penghasilan tambahan. Tapi alasan utamanya nggak melulu soal penghasilan sih. Ada juga yang memiliki usaha di luar pekerjaan mereka semata karena mengejar pashion dan impiannya.

Sayangnya, nggak semua orang cukup beruntung untuk bisa mulai usaha. Udah tahu dong, kalau memulai usaha itu butuh banyak sumber daya. Karena alasan itu, banyak yang menyerah dan pasrah menjadi karyawan aja. Nggak salah juga sih, tapi kalau kamu masih ingin punya bisnis sampingan, coba bikin yang tanpa modal yuk :

1. Jadi Penyedia Jasa

gojek-logo

Contoh bisnis penyedia jasa

Menyediakan jasa merupakan salah satu cara paling mudah untuk memulai usaha sampingan tanpa modal. Hmm, emang nggak beneran tanpa modal sih, tapi paling nggak kamu bisa menyediakan jasa dengan hal yang udah kamu punya.

Misalnya, kamu suka belanja kebutuhan rumah tangga dan jago milih barang murah, kamu bisa menyediakan jasa belanja. Jenis usaha sampingan ini akan butuh waktu, soalnya kamu harus meluangkan waktu untuk pergi berbelanja.

Kalau kamu pulang pergi kantor menggunakan kendaraan pribadi, coba buka jasa tebengan aja. Pastinya serukan ada teman ngobrol di jalan sekaligus dapat penghasilan tambahan?

2. Nge-Blogging Yuk!

Untitled

Halaman depan food blogger Astrid Arum

Kamu tentu tahukan apa itu blogger? Penulis blog atau bloger umumnya menuliskan hal yang mereka sukai kedalam blog. Biasanya, setiap blogger hanya akan menuliskan satu tema utama di setiap tulisan mereka. Misal, ada food blogger, traveling blogger, sampai make-up blogger. Terus, bagaimana caranya dari tulisan di blog bisa jadi penghasilan sampingan?

Sebenarnya, ada banyak cara lho agar blog kamu bisa menjadi penghasilan sampingan atau bahkan menjadikan blogging sebagai pekerjaan utamamu. Penghasilan tambahan itu bisa kamu dapatkan dari pemasangan iklan di blog sampai kamu bisa menuliskan review suatu produk atau merk dagang dalam blog kamu.

3. Orang Ketiga Lebih Asik

money-animated-gif-13

Pernah dengar sistem jualan dropship atau reseller? Meskipun tidak sama, tapi kedua sistem berjualan ini punya inti yang sama. Yaitu sama-sama menjual barang orang lain ke pihak ketiga. Jadi, reseller itu mirip dengan perantara.

Bisnis satu ini, termasuk tanpa modal kak. Kamu hanya perlu rajin mencari produsen dengan produk berkualitas lalu memasarkan produk tersebut dengan harga yang sudah kamu tambahkan untuk untung yang kamu ambil. Dengan begitu, kamu bisa tenang bekerja di pekerjaanmu yang sekarang, tapi tetap punya sampingan yang menjanjikan dan tanpa modal.

4. Nggak Suka Terikat? Jadi Penulis Lepas Aja

writer-moments13

Usaha yang satu ini bisa dibilang nggak butuh modal uang sama sekali. Tapi, kamu harus punya skill yang mumpuni dan reputasi yang baik agar bisa sukses. Soalnya, nggak mungkin ada yang mau nyewa penulis yang karyanya belum ketahuan.

Jadi, sebelum mulai nyemplung di usaha ini, pertama kamu harus banyak menulis dan menghasilkan tulisan populer biar nama kamu di kenal. Jenis usaha sampingan ini akan mudah kamu lakukan kalau bidang pekerjaan kamu sekarang berhubungan dengan dunia tulisan. contoh wartawan yang sering menulis berita bisa menjadi penulis lepas media lain yang bukan kompetitor langsung kantornya. Atau kalau kamu seorang content writter, kamu bisa menjadi penulis lepas untuk iklan, TVC, atau artikel yang berhubungan dengan dunia kerjamu.

5. Bisnis Sampingan di tees.co.id

buka toko yuk

Bisnis sampingan lainnya yang bisa kamu tekuni adalah menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan. Eits, jangan protes dulu! Aku setuju kalau bikin usaha itu butuh modal yang gede. Tapi ada lho cara bikin usaha yang nggak butuh modal uang sama sekali. Contohnya aja buka toko di tees.co.id.

Buka toko di situs ini, kamu hanya perlu daftar dan selesai! Lalu bagaimana dengan produknya?

Jawabannya ada di imajinasi kamu. Maksud aku, kamu hanya perlu otak kreatifmu dan bikin desain sekeren mungkin lalu upload ke toko kamu. Selebihnya, desain yang kamu buat bisa dicetak di produk yang disediakan dalam situs tees.co.id. Mulai dari kaos, jaket, bantal, tas, casing hp, sampai botol minum bisa dipasang desain yang kamu bikin. Masalah biaya cetaknya nggak perlu kamu pikirin. Soalnya semua jadi urusan tees.co.id dan konsumen yang beli desainmu. Jadi, cukup sekali upload desain terus tinggal nunggu ada yang pesan. Nah, biar cepat laku, nggak ada ruginya kalau kamu bantu promosi di media sosial pribadi milikmu.

Kelima jenis usaha yang aku kasih di atas masih bisa kamu kembangin jadi bisnis lainnya. Intinya sih, yang penting hanya kemauan alias niat dan tekad kamu untuk punya usaha sampingan. Jangan lupa juga untuk terus berusaha dan nggak pantang menyerah kalau usaha yang kamu mulai butuh waktu lama untuk berkembang. Namanya juga usaha!

bisnis sampingan tanpa modal

Gimana pendapat kamu?