Fundraising Merchandise Bagian dari Penggalangan Dana
Fundraising atau lebih dikenal dengan penggalangan dana, merupakan suatu kegiatan menghimpun atau menggalang dana yang hasilnya ditujukan untuk kelangsungan hidup seseorang atau kegiatan organisasi non profit. Penggalangan dana ini dapat berupa sedekah, infak, donasi, zakat, maupun sumber dana lain yang diperoleh dari individu, organisasi, kelompok tertentu, atau pemerintah.
Penggalangan dana dengan menghimpun donasi atau sedekah berupa uang, tidak selalu berjalan mulus. Terkadang, dana yang terkumpul belum memenuhi nominal yang dibutuhkan organisasi non profit atau yayasan. Oleh karena itu, penggalangan dana ini perlu dikemas dengan sesuatu yang lebih menarik, misal fundraising merchandise.
Apa itu fundraising merchandise? Apa manfaatnya untuk organisasi atau yayasan? Apa saja produk fundraising merchandise yang menarik? Simak ulasan berikut ini.
Tentang Fundraising Merchandise dan Tujuannya
Fundraising merchandise merupakan kegiatan penggalangan dana dengan menjual barang atau merchandise yang didesain khusus untuk kegiatan tersebut. Jadi, dibanding meminta orang lain menyumbangkan dana secara cuma-cuma, fundraising merchandise memberikan timbal balik berupa barang atau merchandise.
Penggalangan dana dengan cara ini dinilai lebih efektif untuk mengumpulkan donasi tambahan. Karena selain “jualan merchandise” kamu juga dapat menjalin hubungan baik yang berkelanjutan dengan dengan para donatur.
Cara Fundraising Merchandise
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menggalang dana dengan penggalangan dana menggunakan merchandise, antara lain:
Berjualan Merchandise Secara Langsung
Setelah menyumbangkan sejumlah dana ke lembaga non profit, donatur akan langsung mendapatkan kaos, mug, atau merchandise lainnya. Beberapa strategi penjualan merchandise yang bisa kamu terapkan, antara lain:
- Menjual merchandise donasi di sebuah acara tertentu, misal: konser amal.
- Membuka toko merchandise penggalangan dana di marketplace atau platform khusus.
- Menawarkan formulir pemesanan online untuk kampanye penggalangan dana tertentu.
Menawarkan fundraising merchandise secara online merupakan salah satu cara yang paling dianjurkan. Dengan metode ini, donatur tidak hanya merasa senang karena diajak terlibat langsung terhadap kampanye penggalangan dana. Namun, mereka juga merasakan kebahagiaan dan antusiasme saat menunggu pesanan datang ke rumah.
Membangun Jaringan Kemitraan Non Profit
Saat kamu membeli kaos merchandise penggalangan dana dan mengenakannya di tempat umum, secara tidak langsung kamu telah menjadi mitra lembaga non profit untuk menyebarkan informasi tentang fundraising ini. Orang yang melihat kaos tersebut jadi tahu informasi tentang penggalangan dana dan mungkin saja mereka jadi tertarik ikut berdonasi.
Ide penyebaran informasi yang “tidak sengaja” ini bisa kamu adaptasi. Saat kamu terlibat dalam penggalangan dana untuk organisasi non profit, ajak donatur untuk terlibat menyebarkan informasi donasi dengan cara:
- Sediakan tombol berbagi pengalaman donasi di halaman penggalangan dana yang kamu kelola.
- Ajak donatur untuk memposting foto sedang mengenakan atau membawa merchandise ke media sosial.
- Lakukan kampanye online di mana donatur dapat berbagi kisah inisiatif penggalangan dana dan membantu organisasi non profit mengumpulkan lebih banyak uang.
- Mengirimkan merchandise ke donatur utama sebagai bentuk apresiasi dan dukungan agar mereka terus berbagi.
Fundraising Merchandise dengan Brand Awareness
Penggalangan dana merchandise dengan brand awareness merupakan sebuah cara kreatif untuk membuat orang mengenal atau tahu tentang penggalangan dana individual atau organisasi non profit yang kamu jalankan. Ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness:
- Bagikan misi penggalangan dana di halaman toko online atau website yang kamu kelola.
- Berikan konteks atau informasi kampanye untuk halaman penggalangan dana individual.
- Buat desain kaos sesuai kampanye atau aspek cerita yang kamu angkat dalam penggalangan dana itu.
- Minta donatur untuk membuat desain kaos berdasarkan pendapat mereka tentang cerita kamu.
- Minta penggalangan dana untuk menjelaskan bagaimana mereka berhubungan dengan aspek tertentu dari cerita kamu sebelum berbagi kampanye dengan orang lain.
Bagaimana caranya agar penggalangan dana dengan merchandise ini sukses? Secara singkat, berikut beberapa poin yang perlu kamu perhatikan:
- Pilih pesan yang ingin disampaikan dan sasaran audiens.
- Tetapkan tujuan keuangan yang jelas untuk kampanye penggalangan dana yang dijalankan.
- Libatkan sukarelawan dan donatur.
- Gunakan beberapa saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan penggalangan dana.
- Tunjukkan rasa terima kasih pada orang-orang yang terlibat dalam kampanye penggalangan dana dengan memberikan merchandise.
Ide Produk Fundraising Merchandise Ala Tees
Apa saja produk-produk merchandise yang efektif digunakan untuk penggalangan dana? Berikut beberapa ide produk fundraising merchandise ala Tees:
Kaos atau T-shirt
Kaos merupakan produk penggalangan dana merchandise yang paling populer. Hal ini karena kaos bisa dikenakan dalam berbagai situasi. Selain itu, hampir semua orang suka pakai kaos. Proses pembuatan merchandise ini juga lebih mudah dibanding produk lainnya. Jadi, jika kamu menginginkan merchandise penggalangan dana yang cepat terjual, maka kaos adalah pilihan tepat.
Topi
Elon Musk pernah membuat dan menjual 50.000 topi bermerek The Boring Company melalui online shop untuk menggalang dana pembangunan terowongan di Los Angeles. Dari penjualan topi ini, dia berhasil menggalang dana sekitar 700.000 dollar.
Mug
Mug juga termasuk salah satu produk merchandise yang banyak diburu. Selain bisa digunakan sehari-hari, produk ini juga bisa jadi pajangan yang indah. Terlebih jika kamu melakukan penggalangan dana dengan kerjasama brand terkenal dan mengeluarkan mug limited edition. Produk tersebut pasti langsung habis terjual.
Hoodie
Hoodie tidak hanya membuat kamu keren, tapi juga bisa melindungi dari segala cuaca. Para donatur tentunya akan merasa senang jika ada banyak manfaat yang bisa didapat dari merchandise penggalangan dana yang mereka beli.
Tumbler dan Tote bag
Kedua barang ini cocok untuk kampanye penggalangan dana yang berkaitan dengan lingkungan. Dengan produk ramah lingkungan ini, kamu dapat menggalang dana sekaligus membantu mengurangi sampah plastik.
Store Fundraising Merchandise di Tees.co.id
Menggalang dana dengan merchandise Tees.co.id, telah dilakukan oleh beberapa organisasi atau lembaga non profit di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:
Save The Children
Save The Children adalah organisasi non profit yang fokus melayani kebutuhan dan mengadvokasi hak-hak anak melalui berbagai intervensi dan menciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak untuk tumbuh, belajar, dan bermain. Dengan membuka store merchandise di Tees.co.id, Save The Children menggalang dana untuk pembangunan instalasi air bersih bagi anak-anak Sumba.
Beberapa merchandise yang tersedia di store Save The Children, antara lain: kaos, tote bag, tumbler, dan masker. Kamu ingin ikut berdonasi untuk anak Sumba? Klik gambar di bawah ini, ya.
Wildlife Rescue Centre Jogja
Wildlife Rescue Centre Jogja merupakan pusat penyelamatan dan rehabilitasi nirlaba yang menampung hewan yang diambil dari perdagangan satwa liar ilegal di pulau Jawa, Indonesia. Mereka bekerja untuk menyelamatkan satwa liar yang dilindungi dari kepemilikan ilegal, cedera, atau pasar satwa liar dan bertujuan untuk mengembalikannya ke alam liar.
Sayangnya, banyak hewan yang tidak dapat bertahan hidup di habitat liarnya karena cacat, usia tua, atau perilaku yang tidak wajar. Oleh karena itu, WRC Jogja memberikan perlindungan bagi hewan-hewan ini untuk menjalani kehidupan mereka di lingkungan yang aman dan penuh kasih, serta sedekat mungkin dengan rumah alami mereka.
Dalam merawat hewan-hewan ini, WRC Jogja membutuhkan dana yang tidak sedikit. Karena itu, mereka melakukan penggalangan dana dengan fundraising merchandise di Tees.co.id. Beberapa produk yang ada di store WRC Jogja, antara lain: kaos, bantal, topi, masker, tote bag, tumbler, mug, dan hoodie. Kamu ingin turut serta dalam merawat hewan-hewan liar di WRC Jogja? Klik gambar di bawan ini!
Alzheimer Indonesia
Alzheimer Indonesia (ALZI) adalah sebuah organisasi non-profit yang memiliki tujuan untuk membantu dan meningkatkan kualitas hidup Orang Dengan Demensia (ODD), Alzheimer, beserta keluarga dan Caregivers ODD di Indonesia. Alzheimer Indonesia (ALZI) mengajak masyarakat mendukung kampanye mereka dengan melakukan penggalangan dana.
Dalam hal ini, ALZI menjadikan Platform Tees.co.id sebagai Official Merchandise Partner dalam menggalang dana untuk kampanye ini. Alzheimer Indonesia (ALZI) menjual berbagai merchandise yang mana semua keuntungannya akan difungsikan untuk kegiatan-kegiatan rutin yang diadakan oleh Alzheimer Indonesia. Tunjukkan dukunganmu dengan membeli merchandise Alzheimer Indonesia, klik gambar dibawah ini untuk mengetahui beberapa produknya, ya!
Selain 3 organisasi non profit di atas, masih banyak lagi lembaga, individu, atau organisasi non profit yang menjadikan Tees.co.id sebagai mitra official merchandise penggalangan dana mereka.
Merchandise adalah sumber daya yang luar biasa untuk lebih dari sekedar mengumpulkan uang penggalangan dana. Cara penggalangan dana dengan merchandise ini dapat meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan donatur, memperkuat kemitraan dengan pendukung kamu, dan meningkatkan brand awareness. Saat kamu memutuskan untuk meluncurkan penggalangan dana dengan fundraising merchandise, pastikan untuk melakukan semua riset yang tepat dan manfaatkan kampanye sebaik mungkin. Sehingga, kegiatan penggalangan dana tersebut berjalan efektif.
Buat Merchandise Fundraising di Sini