5 Hobi yang Bisa Jadi Ide Bisnis

Selama ini, hobi sering dianggap sebagai aktivitas yang makan waktu dan perlu mengeluarkan uang. Contoh aja hobi traveling. Selain waktu yang cukup, kamu juga butuh menghitung budget agar kegiatan traveling yang kamu lakukan bisa berjalan lancar.

Tapi tahu nggak, kamu bisa manfaatkan hobimu jadi ide bisnis yang menghasilkan uang. Nggak perlu bingung! Nih aku berikan contoh 5 ide bisnis yang berasal dari kegiatan kegemaran kamu berikut ini :

1. Lapangan Rumput Jadi Ladang Bisnis

Anak laki mana yang nggak doyan bola? Mungkin ada aja sih. Tapi, mayoritas cowok pasti suka dengan olah raga lapangan rumput ini. Soalnya sepak bola adalah olah raga paling populer di dunia.

Buat kamu yang juga hobi bola, coba kembangkan kreativitasmu dan jadikan ide untuk bikin bisnis. Contohnya dengan membuat merchandise club bola favorit. Atau bikin design unyu yang mengingatkan kamu dengan lapangan rumput, seperti produk berikut ini :

liverpool you'll never walk alone      gianluigi buffon

futsal sport bottle      sepatu futsal

2. Buka Keran Uang Dari Alunan Musik

800x800-7

Suka dengerin musik tapi nggak bisa bermusik? Banyak kok yang begitu. Kalau kamu mau beda sama yang lain, coba jadikan kegemaran kamu pada musik jadi bisnis yang membuka keran uang baru untukmu.

kurt cobain      guitar pedal amp

Contohnya kamu bisa membuat kaos band favorit dan jual ke komunitas atau fans band itu. Note balok, tangga nada, sampai design alat musik juga bisa kamu jadikan pernak-pernik unik seperti jadi bantal, tas, pajangan kanvas, sampai tumbler yang bisa kamu bawa kemana-mana.

headphone      sing and play

3. Bisa Nabung Dari Hobi Travelling

jogging      outfit pantai

Siapa sangka kalau hobi traveling yang biasanya butuh banyak uang, justru bisa membantu kamu untuk menabung. Caranya simpel banget lho! Saat travelling kamu tentu pergi kebanyak tempat. Berarti, ada setumpuk foto dengan pemandangan indah dan berbeda yang bisa kamu kumpulkan. Dari pada cuma jadi koleksi pribadi, ubah jadi design menarik aja. Seperti contoh produk di atas dan di bawah ini :

just go out      santai pantai

4. Kamera Bawa Berkah

smile camera      i love canon

Suka motret? Lensa kameramu bukan cuma bisa menghasilkan foto yang kece tapi juga bisa bawa berkah lho. Kamu tentu pernah lihat desain kaos atau tote bag dengan gambar kamera dong? Bukan cuma yang hobi motret aja yang menjadikan kamera sebagai ide untuk bisnis mereka. Kalau mereka bisa, apalagi kamu yang emang hobi motret!

Coba contoh aja produk dibawah ini untuk inspirasimu :

camera addict      casing camera

5. Hobi Makan Bisa Jadi Penghasilan

800x800-8

Biasanya nih, ide bisnis dari orang yang hobi makan pasti nggak jauh-jauh dari dunia kuliner. Entah bikin resep sendiri, atau bikin blog yang menulis review tempat makan popular. Eits, ide bisnis dari hobi makan bukan cuma itu doang lho.

10 (2)linefb      23(2)fb

Pernah kepikiran bikin kaos dan merchandise lainnya dengan desain makanan favoritmu? Seperti kamu, orang lain yang juga hobi makan pasti tertarik beli. Selain itu, ide desainnya bisa dari semua makanan yang kamu suka. Kira-kira bakal bikin laper juga nggak ya?

133      173line

Bisa menjalankan bisnis dari kegiatan kegemaran kamu pasti menyenangkan ya. Tapi, kalau kamu memang serius ingin membuat usaha berbasis dari hal yang kamu gemari, pastikan kamu bisa membedakan yang mana hobi dan yang mana usahamu. Soalnya jangan sampai aktivitas favoritmu jadi terasa serius karena dijadikan usaha. Atau sebaliknya, usaha kamu jadi terlalu santai karena kamu anggap sebagai hobi.

Belum berani mulai bukun usaha dari kegiatan favorit? Intup koleksi special di tees.co.id aja, siapa tahu bisa jadi inspirasi.

hobi blog 2

Gimana pendapat kamu?