Suka Buka Tutup Masker Sembarangan? Ini Aturan Pakai Masker Kain yang Benar!

Masker Kain Diturunkan ke Dagu, Amankah?

cara pakai masker yang salah

Citeeszen! Kamu pernah menjumpai seseorang menurunkan masker kain ke dagu ketika hendak makan, minum, atau sekadar menghirup udara segar? Kebiasaan tersebut ternyata berbahaya, lho.

Alasannya, karena dagu merupakan area terbuka yang rentan terpapar virus dan bakteri. Saat kamu menurunkan masker ke dagu, bagian dalam masker akan terkontaminasi oleh virus dan bakteri dari dagu. Ketika kamu mengenakan masker kembali, virus dan bakteri tersebut secara otomatis akan masuk ke dalam mulut serta hidung. Nah, virus dan bakteri tadi lah yang memicu penyakit, seperti: batuk, pilek, bahkan tertular Covid-19.

masker diturunkan ke dagu

Cara melepas masker yang benar adalah dengan melepas tali pengaitnya. Selain itu, hindari menyentuh bagian depan saat kamu melepas masker. Jika kamu ingin melepas masker dalam waktu lama, letakkan masker dalam wadah bersih dan tertutup, seperti plastik ziplock untuk mencegah kontaminasi virus maupun bakteri.

 

Cara Pakai Masker Kain yang Benar

cara pakai masker

Dilansir dari kemenkes.go.id, berikut cara pakai masker kain yang benar:

  • Cuci tangan di bawah air mengalir terlebih dahulu dengan menggunakan sabun atau gunakan cairan antiseptik.
  • Pilih masker yang sesuai ukuran wajah kamu sehingga bisa menutupi area mulut, hidung, dan dagu dengan sempurna.
  • Kenakan masker dengan memegang pengait atau talinya. 
  • Hindari menyentuh bagian depan masker.
  • Ganti masker kain setelah 4 jam dikenakan.
  • Lepaskan masker dengan cara memegang talinya, kemudian tarik menjauhi wajah. Pastikan untuk cuci tangan atau menggunakan antiseptik terlebih dahulu sebelum melepas masker.
  • Cuci tangan dengan sabun setelah melepas masker.

Yuk, bersama kita cegah penularan virus corona dengan selalu mengenakan masker ketika keluar rumah. Supaya aman dari virus corona yang sedang mengintai, pakai masker kain berlapis tiga, ya, Citeeszen!

Kabar gembira buat kamu, beli masker kain di tees.co.id sedang ada promo Buy One Get One Free, loh. Kasih tau info promo ini ke teman-temanmu, ya!

promo masker kain

Gimana pendapat kamu?