Protokol VDJ Cara Ampuh Cegah Penularan Covid-19 di Dalam Ruangan

Protokol VDJ pada Masa New Normal

Protokol VDJ Cegah Corona

Banyak hal berubah sejak Covid-19 mewabah. Sebelumnya, kita bebas ngumpul bareng temen-temen di tempat umum, tapi sekarang semua harus dijaga. Jarak, gestur, ya penting juga untuk jaga omongan sih. Apalagi jaga hati buat si dia, #eh. Kita juga disarankan untuk nggak keluar rumah kalau nggak ada kepentingan mendesak.

Berbicara tentang wabah Covid-19, bulan Juni 2020 pemerintah secara perlahan mencanangkan new normal atau penormalan baru. Pada program yang baru dijalankan di beberapa daerah ini, masyarakat diberi kelonggaran untuk beraktivitas fisik. Salah satunya adalah membuka sektor perkantoran. Tentunya dengan syarat tetap menjaga protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang selama ini kita ketahui, antara lain: rajin mencuci tangan, penggunaan masker, physical distancing, hingga isolasi diri ketika sakit. Namun, protokol kesehatan saja ternyata belum cukup, lho, Citeeszen. Kamu juga perlu menjalankan Protokol VDJ. Apa sih Protokol VDJ itu? Bagaimana menerapkannya? Simak ulasannya berikut, yuk!

Kupas Tuntas Protokol VDJ

Protokol VDJ atau Ventilasi-Durasi-Jarak ketika berada di dalam ruangan tertutup, pertama kali dicetuskan oleh akun instagram @pandemictalks. Berikut poin penting yang perlu kamu ketahui tentang Protokol VDJ:

  • Ventilasi

Poin ini berkaitan dengan sirkulasi udara yang bagus. Aliran udara segar dapat menekan risiko penularan virus corona. Oleh karena itu, hindari bekerja dalam ruangan tertutup dan ber-AC. Karena udara pada ruangan ber-AC yang tertutup akan mengalami resirkulasi sehingga meningkatkan risiko penyebaran virus corona. Jika kamu terpaksa bekerja di dalam ruangan, pastikan sirkulasi udaranya bagus, ya!

  • Durasi

Seseorang yang terinfeksi virus corona dapat menularkan virus ini pada orang lain melalui mulut dan hidung ketika berbicara, batuk, maupun bersin. Bisa kamu bayangkan apa yang akan terjadi jika kamu berinteraksi terlalu lama dengan seseorang yang ternyata terjangkit virus corona tersebut? Yups, kamu berisiko tertular!

Karenanya, upayakan untuk mempersingkat waktu ketika melakukan kegiatan di luar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Dengan mempersingkat durasi interaksi ini, kamu ikut menekan potensi penularan Covid-19. Selain itu, kenakan masker saat keluar rumah. Berikut 3 rekomendasi masker yang dapat mempercantik penampilan kamu:

Masker Kain Pakai Masker

Masker Kain Transport for Jakarta

Masker Kain Leaves Putih Biru

 

  • Jarak

Bukan cuma menjaga jarak sama mantan aja yang perlu dilakukan. Tapi, menjaga jarak saat di tempat kerja merupakan salah satu hal penting yang terus diserukan oleh pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam pencegahan penularan virus corona. Lakukan physical distancing minimal 1 meter atau 2 meter dengan rekan kerjamu, ya.

Menurut @pandemictalks, ketiga poin penting dalam Protokol VDJ di atas saling berkaitan dan dapat menurunkan risiko penularan Covid-19 apabila diterapkan dengan benar. Karenanya, patuhi aturan pemerintah dengan terus menerapkan protokol kesehatan maupun Protokol VDJ ketika berada di dalam ruangan.

Agar terlindungi dari virus corona, selalu kenakan masker ke manapun kamu pergi, ya, Citeeszen! Jadi, mana masker favoritmu untuk melalui new normal dengan Protokol VDJ?

Artikel tentang Protokol VDJ ini bermanfaat? Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu, ya. Biar nggak cuma kamu aja yang selamat dari virus corona.

Gimana pendapat kamu?