Star Wars Controversy: Who Shot First?

Kalau kamu penggemar film Star Wars, pasti udah akrab dengan kutipan “who shot first?”. Apa?! Kamu belum tahu?

Jadi, kontroversi soal kutipan “who shot first” itu ngomongin soal adegan baku tembak antara Han Solo dengan Greedo si bounty hunter. Pada adegan aslinya, hanya Han Solo lah yang melakukan tembakan hingga Greedo tewas. Nah kontroversinya dimulai saat terjadi perubahan adegan karena George Lucas, sang sutradara nggak suka dengan adegan asli film Star Wars tahun 1997 itu. Terus, George Lucas pun memasukan beberapa adegan tambahan pada film Starwars spesial edition tahun 1997. Adegan tambahan yang dimasukan menunjukan Greedo menembak Han Solo duluan barulah Han Solo membalas hingga menewas si Greedo.

Simpel banget ya?

Eits, bukan kontroversi namanya kalau cuma sesimpel itu!

Adegan ini kembali muncul menjadi bahan obrolan para fanboy dan fangirl pada tahun 2004 saat versi DVD film itu dirilis. Lucunya, pada versi DVD ini adegan Han Solo dan Greedo kembali berubah lho. Pada versi ini, Han Solo dan Greedo menembak dalam waktu bersamaan sampai Greedo terkena tembakan dan mati. Nah, sejauh ini sudah ada 3 versi adegan Citeeszen.

Versi terbaru yang rilis dalam bentuk Blu-ray di tahun 2011 lalu malah membuat perdebatan semakin panas. Karena pada versi ini ada beberapa pengurangan adegan yang membuat seakan-akan Han Solo lah yang melakukan tembakan pertama.

Sampai sekarang, kontroversi “who shot first?” masih menjadi topik hangat lho. Karena semua versi yang muncul merupakan versi dari film starwars asli. Jadi nggak ada versi yang benar atau yang salah. Kalau kamu bilang yang nembak duluan adalah Han Solo, kamu benar. Tapi kalau kamu bilang Greedo duluan, ya kamu juga benar Citeeszen.

Banyak fanboy dan fangirl yang akhirnya membuat video versi mereka sendiri tentang kontroversi Star Wars ini. Contohnya saja video yang di unggah akun resmi Ariana Grande ini :

 

Bagaimana menurut kamu Citeeszen, Who Shot first?

Siapa pun yang menembak duluan, kamu bisa menunjukan rasa cinta kamu akan film starwars ini dengan menggunakan merchandise officialnya di Tees.co.id.

redup70

Gimana pendapat kamu?