Tips Bikin Desain Merchandise Anti Copyright

Biasanya saat ingin bikin desain merchandise kita cenderung memilih cara yang mudah, yaitu dengan mengambil gambar yang sudah tersedia di internet. Apakah Citeeszen sudah tahu? Sebenarnya kita tidak boleh sembarangan mengambil gambar internet. Karena sebenarnya gambar-gambar yang sudah tersebar di internet memiliki lisensi copyright yang membuat kita tidak bisa sembarangan menggunakannya. Lalu bagaimana cara bikin desain merchandise agar tidak terkena copyright? Yuk, simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui tips bikin desain merchandise anti copyright.

Tips Bikin Desain Merchandise Anti Copyright

Untuk para kreator yang ingin membuat desain merchandise dan menjualnya, berikut ini adalah tips agar desain yang kamu buat anti copyright.

1. Hindari menggunakan gambar orang lain

Sebisa mungkin menghindari menggunakan gambar orang lain atau asal mengambil gambar yang ada di internet untuk desain merchandise. Mengambil atau menggunakan gambar orang lain tentunya melanggar hak cipta, selain itu jika menggunakan gambar orang lain membuat desain merchandise tidak spesial atau tidak memiliki ciri khas yang bisa membedakan hasil karyamu dengan kreator yang lainnya.

2. Membuat gambar sendiri

Daripada sembarangan mengambil gambar yang sudah tersedia di internet, lebih baik menggunakan gambar asli sendiri untuk desain merchandise-mu. Selain terhindar dari pelanggaran hak cipta, tentunya jika bisa menghasilkan karya sendiri kamu akan memiliki rasa bangga atas hasil gambar yang sudah kamu buat tersebut. Dengan membuat gambar sendiri, kamu juga bisa membuat ciri khas untuk desain merchandise agar terlihat unik dan berbeda dari para kompetitor.

desain merchandise anti copyright

3. Meminta izin saat akan menggunakan gambar orang lain

Jika kamu ingin bikin desain merchandise dengan menggunakan gambar orang lain, kamu harus meminta izin terlebih dahulu. Agar terhindar dari permasalah copyright, kamu tidak bisa sembarangan mengambil gambar orang lain yang ada di internet. Kamu harus menghubungi pemilik gambar tersebut dan meminta izin apakah karya tersebut boleh kamu gunakan atau tidak.

4. Website penyedia gambar gratis

Untuk menghindari hak cipta, kamu bisa menggunakan gambar yang tersedia pada website penyedia gambar gratis. Contoh website penyedia gambar gratis yang bisa kamu gunakan adalah pexels, freepik, pixabay, unsplash, freerangestok dan masih banyak website lainnya. Tetapi, akan lebih baik jika kamu menggunakan hasil gambar sendiri untuk desain merchandise-mu ya, Citeeszen!

5. Menggunakan foto

Selain menggunakan gambar, kamu juga bisa menggunakan foto untuk desain merchandise. Tentunya foto yang digunakan adalah dari hasil foto yang kamu ambil sendiri ya, Citeeszen. Daripada hasil fotomu hanya sekedar menjadi pajangan atau hanya tersimpan dalam kamera ataupun smartphone, lebih baik dijadikan sebagai desain merchandise yang bisa menghasilkan keuntungan untukmu.

Jual Hasil Desain Merchandise-mu di Tees.co.id

Daripada hasil gambar dan fotomu hanya dijadikan sebagai pajangan atau tersimpan dalam smartphone saja, kamu bisa mencetaknya menjadi merchandise dan menjualnya di Tees.co.id loh, Citeeszen. Berjualan di Tees.co.id tentunya sangat mudah, kamu tidak perlu mengeluarkan modal dan tugasmu hanya meng-upload desain dan juga mempromosikan merchandise-mu kepada semua orang!

1. Tentukan keuntungan sendiri

Kamu bisa bebas menentukan keuntungan dari merchandise yang kamu jual, Tees hanya akan mengambil harga produksinya saja dan sisanya gratis. Tidak ada biaya untuk pembuatan toko dan juga biaya lainnya, untuk ongkos kirim akan ditanggung sendiri oleh pembeli.

2. Desain secara online

Tees.co.id menyediakan yang live editor yang bisa kamu gunakan untuk menggambar, hal ini dapat memudahkan kamu untuk mendesain langsung secara online. Hasil desain yang telah kamu buat juga bisa dilihat langsung seperti apa jika dimasukkan ke kaos, totebag, masker kain, tumbler dan masih banyak produk lainnya.

3. Tees yang urus semuanya

Tees yang akan mengurus semunya, mulai dari produksi, pengiriman barang dan juga customer support. Sehingga kamu nggak perlu pusing dan ribet untuk memikirkan semua hal tersebut, kamu cukup fokus membuat desain, meng-upload produk dan tentunya jangan lupa untuk mempromosikan hasil desain merchandise ke teman-temanmu, keluarga, kerabat dan juga ke semua orang!

4. 100% garansi uang kembali

Kami akan memberikan 100% garansi uang kembali kepada pelanggan, karena kami yakin dengan kualitas produk yang dihasilkan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah komplain atau keluhan dari customer, kamu bisa berjualan di Tees.co.id dengan tenang.

Gimana Citeeszen? Apakah kalian tertarik untuk bikin desain merchandise dan menjualnya di Tees.co.id? Jika tertarik, kamu bisa langsung kunjungi website Tees.co.id untuk membuat store merchandise-mu, ya. Jangan lupa untuk memperhatikan tips bikin merchandise anti copyright yang sudah dibahas di atas, agar desain yang sudah kamu buat aman dari pelanggaran hak cipta!

bikin desain merchandise

Gimana pendapat kamu?