Tips Memilih Konveksi Kaos Custom Satuan

Tips Memilih Konveksi Kaos Custom Satuan

Konveksi kaos custom satuan akhir akhir ini banyak dicari dan diminati untuk alasan yang beragam. Ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan sebelum akhirnya memilih konveksi kaos custom yang ingin kalian pergunakan sebagai vendor untuk menciptakan kaos kaos kalian. 

Perhatikan Ketersediaan Macam Bahan

Tanyakan kepada pemilik konveksi kaos custom, bahan apa saja yang mereka miliki sebagai dasar dari kaos kaos mereka. Seringkali bahan yang kita temui seperti cotton combed 20S, combed 30S, bahkan ada yang sampai 40S dan 50S. Ketahui bedanya dan tentukan bahan mana yang paling cocok dengan kebutuhan kamu. 

Selain cotton combed, ada juga bahan lain yang sudah custom build seperti brand Aeroplain, New States Apparel, Gildan dan lainnya. Masing-masing bahan ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, baik dari sisi potongan, kualitas benang, ataupun tebal dan tipisnya. Ada sebagian orang yang merasa lebih cocok dengan kaos Aeroplain, ada yang lebih cocok dengan New States Apparel, dan ada yang tidak cocok dengan semuanya dan hanya menginginkan cotton combed 40s standard saja. 

Perhatikan baik baik dalam pemilihan bahan dasar sablonnya, karena akan berimbas pada kualitas produk dan hasil jadi secara langsung. Jangan sampai membeli kucing dalam karung.

Perhatikan Cara Mencetak Kaos

Cara mencetak kaos masing masing konveksi pasti memiliki perbedaan. Ada yang lebih mengutamakan sablon tradisional, ada juga yang menggunakan beberapa metode yang lebih modern seperti sablon DTG dan DTF. 

Khususnya untuk konveksi kaos custom satuan, seringkali akan lebih memilih menggunakan sablon DTG dan DTF dibandingkan harus menggunakan sablon tradisional. 

Teknik DTG dan DTF merupakan teknik sablon secara digital yang memungkinkan pihak konveksi untuk dapat menerjemahkan desain tidak terbatas hanya pada kaos, tetapi juga pada media lainnya seperti bantal, mug dan tumbler. 

Karena proses cetak DTG dan DTF ini tidak memakan waktu yang lama untuk memproduksi sehelai kaosnya, maka seringkali metode ini menjadi pilihan bagi pemain konveksi kaos satuan. 

Sablon digital menjadi alternatif sablon tradisional karena mempermudah pihak konveksi dalam melakukan pekerjaannya, sembari menghasilkan kualitas sablon yang lebih baik. 

Sablon yang dihasilkan tidak terbatas pada warna dasar, sehingga seorang desainer bisa lebih efektif dan efisien dalam menerjemahkan desainnya pada sebuah media. 

Sablon digital mencetak ke kaos langsung dari komputer ke mesin. Berbeda dengan sablon tradisional yang memiliki banyak variabel manual yang bisa menciptakan banyak kesalahan karena adanya faktor human error dalam penanganannya. 

Sablon digital menggunakan tinta yang cocok dengan bahan katun, sehingga gambar atau desain yang dicetak akan lebih awet dan tahan lama, dibandingkan dengan menggunakan proses sablon yang lain. 

Perhatikan Waktu Penyelesaian Pekerjaan

Setiap konveksi memiliki standar kinerja sendiri-sendiri dalam melakukan pekerjaannya. Ada yang menjanjikan pengerjaan bisa selesai dalam hitungan jam, ada yang menjanjikan pengerjaan baru bisa selesai dalam hitungan hari. Ada yang baru bisa mengambil kaosnya dalam hitungan bulan. 

Untuk konveksi kaos custom satuan, jika menggunakan sablon digital, maka waktu pengerjaan semestinya bisa diselesaikan dalam hitungan jam dan tidak sampai hitungan hari, tentu bergantung pada banyaknya pemesanan yang sedang berjalan saat itu. 

Akan tetapi setidaknya, untuk sebuah kaos custom satuan bisa selesai dikerjakan dalam hitungan 30 menit. Sehingga jika kebutuhannya ada beberapa kaos saja, semestinya bisa selesai dalam hitungan jam. Apalagi jika mereka memiliki beberapa mesin sekaligus. Berbeda dengan sablon tradisional yang biasanya membutuhkan beberapa tahapan proses yang mengakibatkan lamanya waktu pengerjaan hingga berminggu minggu, plus tidak bisa mengerjakan secara satuan. 

Perhatikan Packaging yang Digunakan

Konveksi kaos custom satuan tradisional biasanya tidak memberikan packaging untuk kaos-kaos yang disablon. Hal ini biasanya akan mengakibatkan sablon menempel satu sama lainnya apabila kaos ditumpuk atau bisa juga jadi tergores dan rusak akibat terkena tangan dan lekuk tubuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh cat sablon yang belum benar-benar kering dan tidak bisa dibungkus dengan segera sampai kering dengan sempurna terlebih dahulu. 

Berbeda dengan sablon digital, proses pengeringan tintanya tidak sampai 5 menit, sehingga mudah untuk langsung dikemas dan diberikan packaging yang cocok apabila diperlukan. Karena waktu pengemasan yang cepat itu pula, sablon digital bisa dipesan sameday jika memang kondisi pesanan memungkinkan. 

Perhatikan Unsur Biaya

Konveksi kaos custom satuan akan jadi sangat mahal sekali apabila dilakukan secara tradisional. Biaya dan tahapan-tahapan proses yang harus dilakukan akan mengakibatkan biaya yang membengkak tinggi dan tidak cocok digunakan untuk kebutuhan konveksi kaos satuan. 

Sebaliknya, sablon digital pada umumnya menawarkan harga yang jauh lebih murah untuk mencetak kaos secara satuan apabila dibandingkan dengan sablon tradisional. Oleh karena itu, untuk produksi kaos satuan, sablon digital seringkali lebih digemari karena lebih ekonomis dan lebih tepat guna. 

Nah Citeeszen, semua hal di atas itu adalah hal-hal yang harus dipikirkan saat kamu memilih vendor konveksi kaos custom satuan untuk kebutuhan kamu. Semoga bisa membantu kamu dalam menentukan vendor konveksi sesuai dengan kebutuhan kamu, sehingga kamu tidak merasa seperti membeli kucing dalam karung. 

Kalau kamu nggak mau pusing dengan semua hal itu, mendingan kamu serahin semua urusan itu ke kami, dan biar kami yang mengotomatisasi semuanya, kamu tinggal tahu beres. 

Atau lebih menarik lagi, kalian bisa tinggal membuat toko kalian sendiri di Tees.co.id dan selain kalian bisa mencetak satuan untuk kebutuhan kalian dan bisa juga memberikan link toko kalian ke teman-teman agar mereka juga ikutan membeli kaosnya. 

Gimana pendapat kamu?